Seputar Tekno

Perbedaan Router & Switch

Jika pada kesempatan sebelumnya, Sobat Gaptex telah mengetahui apa perbedaan antara Hub dan Switch, kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan router dan switch. Sebelum itu, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian router dan switch secara garis besar.

Perbedaan Router & Switch

Router merupakan salah satu hardware pada jaringan komputer yang digunakan untuk membuat dan mengimplementasikan sebuah jaringan komputer yang luas. Dengan adanya router, jaringan dapat membagi dan memilih jalur-jalur mana saja yang harus dilewati oleh sebuah paket data sehingga dapat sampai pada receiver atau komputer client.

Sedangkan switch adalah sebuah hardware jaringan komputer yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN. Dengan adanya switch, pembagian transmisi data di sebuah jaringan akan terbagi rata, sehingga setiap komputer client mendapatkan hak dan prioritas yang sama dalam jaringan tersebut. Lantas apa saja perbedaan router dan switch tersebut? Jika dilihat dari beberapa aspek berikut ini, router dan switch memang sangat berbeda. Adapun aspek-aspek perbedaan tersebut adalah:

1. Dari Segi Fisik
Bila dilihat dari segi fisik, router memiliki bentuk fisik yang lebih besar dibandingkan dengan switch yang agak kecil. Biasanya harga router juga lebih mahal dan perawatannya lebih tinggi dibandingkan dengan switch.

2. Dari Segi Fungsi
Pada dasarnya, fungsi router dan switch mempunyai fungsi yang hampir sama yakni untuk membagikan sebuah jaringan kompiter. Bahkan router dapat digunakan untuk mengganti fungsi dari switch. Tetapi tidak sebaliknya dimana sebuah switch tidak dapat mengganti fungsi dari router. Hal itu dikarenakan router mampu menghubungkan jaringan lokal dalam jaringan yang lebih luas seperti WAN.

3. Dari Segi Bandwitch
Pada perangkat switch menggunakan bandwitch untuk spesifikasi 10/100 Mbps secara penuh untuk port tujuan sebab tidak bisa dibagikan lagi ke sejumah komputer yang terhubung di jaringan. Sementara router lebih efisien dalam penggunan bandwidtch karena tidak semua jaringan mampu mencapai komputer client yang akan dikirimi data.

4. Dari Segi Waktu Pengiriman Data
Jika dilihat dari aspek berikut, router membuat pengiriman data lebih cepat dibandikan dengan switch karena tidak setiap jaringan dilewati selama mengirim data ke komputer klien, dengan catatan router bisa memilih rute atau jalur tercepat dan terpendek untuk mencapai alamat tujuan.