Seputar Tekno

Perbedaan Qualcomm Snapdragon 820 dan Snapdragon 810

Qualcomm dan MediaTek merupakan dua chipset yang umum digunakan pada perangkat Android. Kompetisi di antara keduanya semakin ketat di tengah meningkatnya pertumbuhan smartphone. Meski demikian, baik Qualcomm dan MediaTek sama-sama menarik untuk dibahas lebih lanjut. Jika sebelumnya kita pernah membahas perbedaan MediaTek Helio P10 dan Helio X10, kali ini kita akan mencoba membedakan Qualcomm Snapdragon 820 dan Snapdragon 810. Apa saja perbedaanya?

Perbedaan Qualcomm Snapdragon 820 dan Snapdragon 810

Snapdragon 810 dibekali core jenis Cortex A53/A57, sementara penerusnya Snapdragon 820 diintegrasikan dengan Custom Kyro CPU (central computing units). Dengan spesifikasi tersebut, kecepatan data ikut meningkat. Salah satu pertimbangan untuk meningkatkan core prosesor adalah masalah overheat yang dialami beberapa smartphone dengan Snapdragon 810. Selain itu, Qualcomm tengah melakukan pengembangan dengan meluncurkan seri Kyro dengan harapan mampu memberikan performa lebih tangguh, tentunya juga agar overheat tidak terjadi lagi.

Performa sebuah chipset berpengaruh secara relatif terhadap konsumsi daya sehingga secara tidak langsung juga mempengaruhi daya tahan baterai. Snapdragon 820 mampu dioperasikan pada kecepatan 1.6 GHz hingga 2.2 GHz, tergantung dari beban komputasi yang diberikan. Snapdragon 820 juga menggunakan pengolah grafis atau GPU (graphics processing unit) dengan versi yang lebih tinggi, yaitu Adreno 530 dengan komputasi grafis 40% lebih optimal jika dibandingkan Adreno 430 yang digunakan Snapdragon 810.

Snapdragon 820 menggunakan DSP (digital signal processor) jenis Hexagon 680, sementara Snapdragon 810 memakai DSP jenis Hexagon v56. DSP itu sendiri berfungsi sebagai akses terhadap respon digital atau sinyal dari luar, bisa berupa suara, video, suhu, tekanan, dan juga posisi yang menyebabkan perubahan sinyal. Respon digital ini antara lain terkait fitur virtual reality dan augmented reality. Peningkatan pada komponen DSP menjadikan smartphone dengan chipset Snapdragon 820 mampu dioperasikan lebih lancar.

Berbagai komponen telah ditingkatkan oleh Snapdragon 820, baik itu CPU, GPU, DSP, dan ISP (image signal processor). ISP ini bukan merupakan bagian GPU, namun berhubungan dengan GPU. Aliran data dari kamera biasanya diproses oleh ISP yang kemudian diteruskan ke unit lain seperti GPU dan CPU. Pada chipset Snapdragon 820, ditanamkan spectra ISP 28 MP ZSL yang memiliki kemampuan olah piksel yang lebih tinggi jika dibandingkan dual ISP 20 MP ZSL yang digunakan Snapdragon 810.

Untuk digunakan berinternet, Snapdragon 820 dipasangkan dengan modem X12 4G LTE Cat 12/13. Modem ini secara teori memiliki kecepatan transfer data tertinggi mencapai 600 Mbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload. Kecepatan ini mungkin saja terjadi jika modem tersebut terhubung ke infrastruktur nirkabel yang memakai tiga band dengan lebar spektrum 20 MHz secara bersamaan, yang belum mampu dilakukan oleh Snapdragon 810. Sebab pada chipset pendahulunya, modem yang digunakan adalah X10 LTE Cat 9/10.

Semoga bermanfaat!