Seputar Tekno

Perbedaan Printer Inkjet & Laser dengan Dot Matrix

Sebelum memutuskan untuk membeli printer, Anda harus mengetahui jenisnya terlebih dulu agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Printer sendiri sudah bukan barang mewah saat ini. Setidaknya terdapat tiga jenis printer yang beredar di pasaran untuk menjawab kebutuhan masyarakat, yaitu printer inkjet, laser, dan dot matrix.

Perbedaan Printer Inkjet & Laser dengan Dot Matrix

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui perbedaan printer inkjet dan laser. Secara garis besar, printer inkjet bekerja dengan tinta encer dan digunakan untuk aktivitas rumahan, sedangkan printer laser bekerja dengan tinta serbuk dan digunakan untuk aktivitas kantoran. Harga printer laser lebih tinggi daripada printer inkjet. Lalu, bagaimana dengan printer dot matrix?

Printer dot matrix adalah jenis printer yang bekerja menggunakan tinta pita. Cetakan yang dihasilkan dari printer dot matrix bentuknya mirip seperti titik-titik yang saling berhubungan membentuk huruf atau gambar. Jika dibandingkan dengan printer inkjet dan laser, hasil dari cetakan printer dot matrix boleh dikatakan kurang berkualitas. Hal ini dikarenakan resolusi yang sangat rendah, sebab head printer terdiri dari susunan jarum yang bekerja memukul printer ribbon. Ditambah lagi, suara printer dot matrix cukup keras ketika digunakan.

Selain itu, warna yang mampu dihasilkan hanya satu macam saja, yaitu warna hitam sehingga hasilnya juga bisa dibilang kurang bervariasi. Jika dianalogikan, printer dot matrix memiliki kinerja yang sama dengan mesin tik. Bahkan, mesin tik mampu memberikan hasil beberapa kertas sekaligus dengan menggunakan kertas karbon. Apabila mesin tik bekerja dengan cara ditembaki besi yang memiliki huruf, angka, dan simbol, maka printer dot matrix bekerja dengan cara ditembak menggunakan jarum yang berupa titik.

Oleh karena kualitasnya rendah, printer dot matrix kurang cocok digunakan dalam aktivitas yang membutuhkan kualitas cetak resolusi tinggi dan penuh warna. Akan tetapi, printer dot matrix biasa digunakan dalam kegiatan industri dan juga toko-toko, seperti minimarket dan supermarket. Biaya operasionalnya tidak terlalu tinggi dan mampu menghasilkan cetakan rangkap sehingga dapat menghemat keuangan perusahaan. Printer dot matrix digunakan antara lain untuk mencetak harga, mencetak kuitansi, laporan penjualan, data stok barang, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat!