Seputar Tekno

Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client

Berbicara tentang jaringan komputer, terdapat sebuah perangkat yang berperan sangat vital agar suatu jaringan komputer bisa berjalan dengan baik. Perangkat tersebut adalah komputer. Di dalam jaringan komputer, komputer dibedakan menjadi dua, yaitu komputer server dan komputer client. Secara ringkas, server artinya komputer berperan sebagai penyedia data, sedangkan client artinya komputer berperan sebagai pengakses informasi dari server.

Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client

Perbedaan antara komputer server dan komputer client dapat dilihat dari beberapa aspek, sebagai berikut :

Berdasarkan Fungsinya
Komputer server berperan sebagai pusat dari sebuah jaringan komputer. Komputer server menyediakan seluruh informasi, bisa dikatakan bahwa seluruh data terkait perusahaan atau organisasi disimpan di komputer server. Komputer ini juga digunakan sebagai database yang menampung berbagai jenis database management system (DBMS). Selain itu, komputer server memiliki kemampuan untuk melakukan troubleshooting dari kerusakan jaringan.

Sementara itu, komputer client hanya berfungsi untuk mengakses informasi atau data yang disediakan oleh komputer server. Komputer client dapat digunakan untuk berbagai keperluan individu. Semua koneksi jaringan komputer client bertumpu pada komputer server. Dengan demikian, jika komputer server bermasalah, dipastikan komputer client terkena dampaknya juga. Kerusakan server akan mengganggu sistem yang bekerja di jaringan komputer.

Sistem Operasi yang Digunakan
Komputer server memiliki sistem operasi yang berbeda dengan komputer client. Komputer server menggunakan Windows Server, Mac OS Server, Linux Server, dan berbagai macam sistem operasi server lain. Komputer server punya sistem operasi khusus untuk bisa menjadi induk dari seluruh komputer yang ada di sebuah perusahaan atau organisasi. Sedangkan bagi komputer client, sistem operasi yang digunakan seperti pada PC atau komputer biasa, di antaranya Windows XP, 7, 8, 10, Macintosh, Linux, dan lain-lain.

Perangkat Keras yang Digunakan
Hardware atau perangkat keras yang digunakan juga berbeda. Secara umum, komputer server membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi jika dibandingkan komputer biasa. Setidaknya, komputer server wajib memiliki processor dan kapasitas RAM yang tinggi untuk memproses data dengan cepat. Ukuran hardisk sebuah komputer server juga harus besar. Sementara untuk komputer client, spesifikasinya seperti komputer biasa, seperti CPU Intel Dual Core, RAM 2 GB, dan Hardisk 500 GB. Komputer server spesifikasinya di atas itu.

Maintenance atau Perawatan
Komputer server memerlukan satu ruangan khusus yang bisa memuat seluruh hardware yang dimilikinya, beserta seluruh hardware jaringan komputer seperti hub, switch, dan sebagainya. Di samping itu, komputer server harus mampu beroperasi selama 24 jam penuh tanpa henti. Seperti perbedaan berdasarkan fungsinya, apabila komputer server mati, jaringan komputer ikut mati. Oleh karena itu, suplai listrik untuk komputer server juga terpisah dari komputer client dan harus punya sumber listrik cadangan.

Komputer server sebaiknya dikondisikan pada ruang dengan temperatur dingin dan dijaga kebersihannya secara berkala. Hal ini tidak lain untuk menghindari komputer server dari kerusakan kabel dan masalah overheating.

Semoga bermanfaat.