Seputar Tekno

Perbedaan IMAP dan POP3

Istilah IMAP dan POP3 sering Anda dengar jika sudah menyangkut masalah server email baik di PC Desktop atau smartphone. Sebelum mengetahui perbedaan antara keduanya, alangkah baiknya bila Anda mengetahi arti dari IMAP dan POP3 terlebih dahulu.
POP3 atau Post Office Protocol 3 ialah versi terbaru dari protokol email yang masih menjadi terfavorit saat ini. POP3 merupakan protokol email yang digunakan untuk mengambil email dari server. Protokol POP3 ditujukan agar ada tempat untuk menampung email secara sementara sampai email tersebut di ambil oleh sang penerima dikomputernya.

Perbedaan IMAP dan POP3

Sedangkan IMAP atau Internet Message Access Protocol) ialah protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna untuk memilih pesan email yang akan di ambil, mencari pesan email tertentu, membuat folder di server bahkan menghapus pesan email yang ada.

Bila dibandingkan dengan POP yang hanya memperbolehkan kita mendownload semua pesan yang ada tanpa terkecuali, IMAP jelas jauh lebih baik. IMAP terjadi karena komunikasi dua arah sehingga adanya sinkronisasi data.

Namun POP3 bekerja lebih cepat dan lebih mumpuni dengan outlook. Lokasi default email Anda akan berada di komputer dan tidak ada pada server email. Jika Anda ingin memiliki cadangan kontak dan email penting sedangkan Anda hanya menggunakan 1 komputer untuk menerima email, maka POP3 ialah pilihan terbaik.

Berbeda pula dengan IMAP yang akan menyimpan semua email Anda entah itu di dalam komputer/laptop/smartphone, IMAP juga akan menyimpannya pada server email. Jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer untuk mengakses email, Anda mungkin ingin menggunakan IMAP karena email Anda akan menyinkronkan sendiri pada semua komputer yang telah Anda pasang IMAP-nya. Selain itu, IMAP juga bagus untuk back up email dan kontak Anda karena dijamin oleh mail server. Untuk Anda yang menggunakan HP atau smartphone, jelas lebih cocok jika memilih IMAP.

Sebagai saran, layanan POP3 layak dipakai untuk email yang khusus buat pekerjaan sementara untuk email pribadi, sebaiknya Anda memakai IMAP karena alasannya hanya beda masalah keamanan saja. Keduanya, IMAP dan POP3 tersedia secara gratis di email seperti gmail.com dan juga email hosting yang menggunakan cPanel.