Seputar Tekno

Perbedaan Format Gambar JPG vs GIF vs PNG

Sobat Gaptex pasti sering mendengar istilah singkatan JPG, GIF dan PNG kan? Apalagi jika sering menyimpan foto atau gambar dilaptop maupun PC, kamu sering menemui macam format tersebut. Meskipun bagi orang awam terlihat sama saja, namun sebaiknya kamu tahu apa perbedaan dan kapan waktu penggunannya. Terutama untuk kamu yang sedang belajar grafis. Nah, berikut akan dibahas perbedaan dari format gambar JPG, GIF dan PNG.

Perbedaan Format Gambar JPG vs GIF vs PNG

1. JPG
Format gambar inilah yang sering kita temui saat menyimpan foto/gambar. JPG sendiri singkatan dari Joint Photographic Experts Assemble, telah banyak digunakan oleh Fotografer profesional. Format gambar JPG lebih cocok digunakan untuk gambar dengan banyak warna dan gradasi. JPG tidak cocok digunakan untuk gambar yang memiliki sedikit warna seperti komik atau gambar yang memerlukan ketegasan garis seperti logo. Untuk format JPG tidak disarankan menggunakan pallet warna CMYK.
JPG tidak bisa membuat gambar transparan. Keuntungan gambar dengan fromat JPG ialah dapat menampilkan foto atau gambar dengan mempertahankan kualitas gambar itu sendiri dengan ukuran file lebih kecil.

2. GIF
Tipe GIF memungkinan penambahan warna transparan dan digunakan untuk membuat animasi sederhana, namun maksimal hanya 256 warna saja. GIF merupakan format grafis yang digunakan pada desain web karena GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dari JPG.

File GIF cocok digunakan untuk:
• Gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).
• Gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas seperti logo tanpa gradien.
• Gambar animasi sederhana seperti banner-banner iklan, header, dan sebagainya.
• Print shoot (hasil dari print screen) dari program-program simple dengan jumlah warna sedikit.
• Gambar Grayscale memiliki palet 8-bit juga, jadi sah-sah saja/sebaiknya disimpan dalam format GIF.
File GIF tidak cocok digunakan untuk:
• Gambar yang memiliki banyak warna seperti pemandangan.
• Gambar yang didalamnya terdapat warna gradien atau semburat.

3. PNG
PNG (Portable Network Graphics) merupakan solusi kompresi yang [owerfull karena warna lebih banyak (24 bit RGB + Alpha). Kelebihan file PNG ialah adanya warna transparan dan alpha, yang mana format JPG tidak. Warna alpha memungkinkan sebuah gambar transparan, tetapi gambar tersebut masih dapat dilihat mata seperti samar-samar atau bening. File PNG dapat diatur jumlah warnanya 64 bit (true color + alpha) sampai indexed color 1 bit. Dengan jumlah warna yang sama, kompresi file PNG lebih baik daripada GIF, tetapi memiliki ukuran file yang lebih besar daripada JPG. Kekurangan tipe PNG adalah belum populer sehingga sebagian browser tidak mendukungnya.

File PNG cocok digunakan untuk:
• Gambar yang memiliki warna banyak.
• Gambar yang mau di edit ulang tanpa menurunkan kualitas.
File PNG tidak cocok digunakan untuk:
• Gambar yang jika dikompress dengan JPG hampir tidak terlihat penurunan kualitasnya.