Seputar Tekno

Perbedaan E-Business dan E-Commerce

Perkembangan teknologi jaringan komputer menjanjikan peluang yang prospektif bagi dunia bisnis dan marketing. Dampak positif dari kedua bidang tersebut antara lain bertambahnya lapangan pekerjaan, konsumen lebih mudah dalam membeli barang dan mengetahui informasi suatu produk, modal yang tidak terlalu besar dalam membangun usaha, serta produksi dan spesialisasi yang lebih beragam. Meski demikian, e-business dan e-marketing tidaklah sama.

Perbedaan E-Business dan E-Commerce

Pengertian E-Business
Istilah e-business mungkin tak begitu populer seperti e-commerce, namun e-business memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh kegiatan transaksi yang terdapat dalam sebuah layanan e-commerce. Hal ini dikarenakan e-business merupakan layanan bisnis dengan cakupan yang luas, tidak sebatas pembelian dan penjualan, namun juga proses perencanaan, produksi barang, pemasaran, hingga proses pengembangan suatu produk dalam skala nasional dan internasional.

E-business merupakan suatu bisnis yang dikembangkan dan ditempatkan pada sistem elektronik yang memadukan jaringan komputer dan layanan internet. Karakteristik e-business antara lain tidak terfokus pada transaksi jual beli saja, biasanya memiliki kantor pusat dan kantor perwakilan, punya banyak teamwork mulai dari tim pemasaran, tim IT, dan tim penjualan, serta e-business dapat dipandang sebagai keseluruhan sistem e-commerce.

Pengertian E-Commerce
Istilah e-commerce lebih familiar di telinga kita daripada e-business. Penggunaan e-commerce adalah hal biasa di era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini. Secara definitif, e-commerce adalah kegiatan transaksi komersial yang menggunakan fasilitas elektronik. Sistem e-commerce terus berkembang seiring dengan perkembangan jaringan komputer dan layanan internet. Beraneka barang kebutuhan sehari-hari ditawarkan e-commerce dengan mudah.

Kemudahan yang dimaksud adalah barang sesuai katergorinya bisa dicari dan dibeli tanpa terikat ruang dan waktu. Pembeli dan penjual tidak perlu lagi bertatap muka. E-commerce hanya fokus pada aktivitas jual beli dan berbentuk situs web dengan alamat sendiri atau toko online yang bisa diakses tanpa batas. Beberapa contoh layanan e-commerce adalah eBay, Amazon, Alibaba, Tokopedia, Zalora, Lazada, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara e-business dan e-commerce adalah :
1. Ruang lingkup e-business lebih luas daripada e-commerce, mulai dari pembangunan modal, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, proses pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan lain-lain. Sementara itu, e-commerce hanya mencakup proses jual beli yang dilakukan melalui transaksi elektronik.
2. E-commerce hanya memerlukan spesifikasi dan kemampuan analisa yang berhubungan dengan proses jual beli atau transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan pemikiran dan juga pertimbangan matang yang ditinjau dari berbagai aspek, mulai dari perencanaan, survei lapangan, produksi barang, pemasaran, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat!