Seputar Tekno

Perbedaan CD-R dan CD-RW

Saat Anda ingin menyimpan atau memindahkan sebuah data atau file, Anda akan membutuhkan media penyimpanan data. Media ini pun banyak sekali jenisnya, bisa berupa flashdisk, disket, memori card, harddisk eksternal, hingga optical disk. Dari Optical disk sendiri juga terbagi dari beberapa jenis, diantaranya adalah CD-R dan CD-RW. Namun apa saja perbedaan CD-R dan CD-RW tersebut?

Apabila Anda membeli CD kosong di toko komputer, maka Anda akan disuruh memilih antara dua pilihan oleh pelayan toko untuk membeli CD-R dan CD-RW. Lalu apa sebenarnya dari perbedaan kedua jenis CD ini?

Perbedaan CD-R dan CD-RW
Perbedaan antara CD-R dan CD-RW sebenarnya hanya terletak di kemampuan keduanya dalam melakukan rewrite data. CD-R hanya mampu digunakan satu kali penyimpanan data, sedangkan CD-RW dapat digunakan berulang kali karena bisa di rewrite ulang. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda lihat perbedaan CD-R dan CD-RW di tabel sebagai berikut:

PerbedaanCD-RCD-RW
KepanjanganCompact Disk RecordableCompact Disk Recordable & reWriteable
Dapat digunakan sebanyak1 kali Berulang kali
Harga Rp 3000 – Rp 5000Rp 8000 – Rp 10000
Sifat PenyimpananWrite Once Read Many atau WORMTidak bersifat Write Once Read Many
Terbuat dari bahanPolikarbonatPerpaduan perak, indium, antimon, telurrium

CD-RW ialah pengembangan dari CD-R. Apabila CD-R hanya bisa dipakai untuk satu kali. Karena terbuat dari bahan-bahan campuran, pada permukaannya terdapat lapisan perekeman sehingga dapat di ubah datanya berkali-kali, bisa ditambah, diganti, atau dihapus sewaktu-waktu. Kelebihan CD-RW dari CD-R biasa juga dapat mengedit, menghapus, dan memburning data berkali-kali ke dalam CD-RW.

Jadi, perbedaan mendasar dari kedua optical disk tersebut ialah pada fungsi dan bahan yang digunakan. Fungsi dari CD-R hanya bisa mengisi data sekali dan selanjutnya dapat membaca data, sementara untuk CD-RW bisa membaca, menulis, menghapus, mengedit, dan burning data berulang-ulang. Kemudian, dari segi kapasitas sendiri, CD-R dan CD-RW tidak ada perbedaan karena sama-sama mempunyai kapasitas sebesar 700 MB.

Selain CD, media penyimpanan lainnya yang berbentuk disk juga adalah DVD. DVD, ada yang berkemampuan Recordable (DVD R) dan ada juga yang memiliki kemampuan Recordable dan reWriteable (DVD RW). Perbedaan antar keduanya sama dengan perbedaan CD-R dan CD-RW.