Seputar Tekno

Perbandingan iOs Vs Android

iOS merupakan Sistem Operasi berbasis Mobile yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Apple. Operating System ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 dengan nama iPhone OS. Namun, pada Juni 2009, nama tersebut diperbarui menjadi iOS. iOS sendiri hanya bisa dioperasikan pada iPhone, iPod Touch, dan juga iPad. OS ini bersifat non-komersial, artinya iOS tidak dapat diinstall pada perangkat keras selain besutan Apple sendiri.

Perbandingan iOs Vs Android

Android adalah Sistem Operasi yang juga berbasis Mobile, sama seperti iOS. OS ini berbasis Linux yang dirancang untuk ponsel layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Awalnya OS ini dikembangkan oleh Android, Inc dengan dukungan dana dari Google. Namun kemudian Google membelinya di tahun 2005. OS ini dirilis secara resmi pada tahun 2007.Tak seperti pada iOS, para pengembang dapat memodifikasi OS ini pada tiap perangkat yang berbeda. Oleh karena itulah, tiap perangkat dengan OS Android mungkin memiliki interface yang berbeda-beda walaupun mereka memiliki OS yang sama.

iOS sendiri telah didesain sesimpel dan semudah mungkin untuk digunakan. Namun, tetap saja berbeda dari sistem operasi lainnya. Pengguna tidak dapat mengatur files dan folders sendiri dalam iOS. iOS juga membatasi penggunanya untuk mengakses ‘setting’ pada iOS.

Perangkat berbasis iOS hanya memiliki program maupun fitur-fitur dari Apple saja. Tidak terdapat pihak ketiga yang diizinkan mengembangkan ataupun memodifikasi OS ini.

Tak seperti pada iOS, para pengembang dapat memodifikasi OS Android pada tiap perangkat yang berbeda. Oleh karena itulah, tiap perangkat dengan OS Android mungkin memiliki interface yang berbeda-beda walaupun mereka memiliki OS yang sama.

Biasanya, ponsel berbasis Android hadir dengan built-in aplikasi dan program dukungan dari pihak ketiga. Para pengembangnya juga dapat menciptakan program untuk Android dengan menggunakan Android SDK (Software Developer Kit).

Untuk urusan keterjangkauannya, iOS nampaknya lebih sulit dijangkau dari Android. Karena Apple memang terkenal dengan produk-produk kelas premium. Begitu juga untuk harga yang dibandrolnya. Tampilan layar perangkat yang menggunakan OS ini biasanya jernih. Dan untuk desain perangkatnya rata-rata menggunakan bahan dasar kaca khusus.

Untuk desain perangkat yang menggunakan OS Android sendiri tergantung pada perusahaan yang memproduksinya. Namun, umumnya perangkat berbasis Android terbuat dari bahan plastik khusus. Tampilan layar perangkat berbasis Android juga tergantung pada produsennya. Biasanya tampilan layar Android terbilang jernih, tak kalah dengan tampilan layar iOS.

Satu lagi yang membedakan iOS dan Android. iOS menentang keras untuk menggunakan toko aplikasi pihak ketiga. Dengan begitu pengguna iOS akan tetap dan hanya memakai toko aplikasi platform iOS saja.

Sedangkan Android memiliki toko-toko aplikasi alternatif selain Google Play Store. Pengguna Android juga dapat mengunduh aplikasi secara free alias gratis, namun aplikasi berbayar untuk OS ini juga terbilang banyak. Hal ini juga menjadi salah satu keunggulan Android.