Seputar Tekno

Penyebab Aplikasi Android Sering Terhenti

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas permasalahan yang sering dialami oleh pengguna gadget Android. Sebagai sistem operasi yang mendunia, membuat pengguna Android sering mendapatkan keluhan mengenai software atau hardware. Salah satunya ialah aplikasi Android sering terhenti dengan sendirinya atau force close. Lantas kira-kira apa penyebab aplikasi Android sering terhenti ini?

Mungkin Sobat Gaptex pernah mengalami aplikasi sering terhenti dan muncul pesan pop up dilayar yang berisikan “sayangnya aplikasi telah berhenti” dan sebagainya. Tentu saja hal ini sering membuat Anda jengkel dan kesal, terlebih lagi jika Anda pengguna ponsel yang aktif. Berikut ini beberapa penyebab aplikasi Android sering terhenti:

1. RAM Penuh
Salah satu penyebab utama aplikasi Android sering terhenti ialah RAM penuh. Hal ini dikarenakan sepesifikasi yang di bawa smartphone Anda kurang mumpuni, tapi Anda banyak menginstall aplikasi dengan memori besar. Apalagi jika aplikasi tersebut selalu aktif di balik bayar.

2. Aplikasi Masih Beta
Aplikasi Beta ialah aplikasi yang masih dalam tahap uji coba. Jika Anda mengunduh aplikasi yang masih beta, memang tidak heran kalau banyak bugs atau kekurangan sehingga saat dijalankan belum stabil.

3. Menumpuknya File Cache
Penyebab selanjutnya ialah menumpuknya file sampah pada ponsel Android Anda sehingga menyebabkan kinerja menjadi lemot. Ketika ponsel jadi lemot, maka sistem pada ponsel pun akan meningkat, alhasil menyebabkan tidak kuatnya sebagian sistem menahan beban tersebut.

4. Aplikasi tidak Kompatibel dengan Android
Aplikasi yang kurang kompatibel memang sering menyebabkan force close pada aplikasi, contohnya aplikasi yang Anda download lebih cocok ke Android Marshmallow, sedangkan smartphone Android masih mengusung OS Kitkat.

5. Data Aplikasi Corrupt
Hal ini sudah pasti menyebabkan error saat Anda ingin menjalankan aplikasi. Apalagi jika Anda sering mengunduh games yang bukan berasal dari Play Store, melainkan di situs penyedia APK.

6. Koneksi Internet Putus
Satu penyebab yang mungkin terjadi ialah koneksi internet putus. Ada beberapa aplikasi yang sangat bergantung pada internet sehingga ketika tidak ada koneksi, maka aplikasi tersebut sering keluar dengan sendirinya, misalnya Clash of Clans atau Clash Royale.