Seputar Tekno

Pengertian WEP

Kita sering melihat tulisan “WEP” saat mengkonfigurasi setting jaringan wireless di komputer atau gadget kita. Biasanya tulisan tersebut muncul di bagian setting keamanan atau enskripsi. Jadi, apa itu “WEP”?

Pengertian WEP

WEP memiliki kepanjangan “Wired Equivalent Privacy”. WEP adalah sebuah protokol keamanan untuk jaringan Wi-Fi. Karena jaringan wireless mengirimkan data lewat gelombang radio, sangat mudah untuk “menguping” transmisi data. Maksudnya, siapa pun dapat menangkap sinyal yang tengah dipancarkan dan melihat isi pesan yang dikirimkan tersebut. Tujuan dari penerapan WEP adalah untuk membuat jaringan wireless menjadi lebih aman, seaman jaringan yang menggunakan kabel Ethernet.

WEP meningkatkan keamanan jaringan wireless dengan cara mengenskripsi data. Jika data yang sedang dikirimkan dicegat, data itu tidak akan dapat dikenali dan dibaca oleh sistem ilegal yang menangkapnya karena data itu dalam keadaan ter-enskripsi. Namun, sistem yang legal (yang memang berhak menerima data itu) tetap dapat membacanya karena pengirim dan penerima data menggunakan algoritma enskripsi yang sama. Secara umum, jaringan yang diamankan dengan WEP menggunakan sebuah password untuk mengautentifikasi sistem-sistem mana saja yang legal bertindak sebagai pengirim dan penerima data.

Pada Agustus 2001, Scott Fluhrer, Itsik Mantin, dan Adi Shamir mempublikasikan hasil analisis mereka terhadap WEP. Mereka menyatakan bahwa WEP masih rentan terhadap serangan pasif. Dengan mencegat sejumlah besar data dari traffic jaringan, key untuk memecahkan enskripsi data dapat diketahui dalam kurang dari satu menit. Jika jumlah data yang dicegat masih tidak cukup untuk menentukan key enskripsi, pelaku dapat mengirimkan request data sendiri dalam jaringan tersebut dan memeriksa data balasan yang ia terima. Hal ini dapat dilakukan dengan sebuah PC biasa dan beberapa software gratis.

Pada tahun 2005, Federal Bureau of Investigation (FBI) AS juga mendemonstrasikan lebih lanjut proses cracking jaringan yang diproteksi oleh WEP menggunakan tool-tool yang tersedia secara luas bagi publik. Proses tersebut hanya memakan waktu 3 menit untuk berhasil.

Oleh karena itu, pada tahun 2003, Wi-Fi Alliance menyatakan bahwa standar metode pengamanan jaringan wireless WEP diganti dengan Wi-Fi Protected Areas (WPA) yang lebih canggih dan kompleks. Adapun satu tahun kemudian IEEE mendeklarasikan bahwa WEP telah usang dan tidak lagi dipakai sebagai standar keamanan jaringan.