Seputar Tekno

Pengertian Web API Bagi Pemula

API merupakan singkatan dari Aplication Programming Interface adalah kumpulan fungsi, perintah, atau protokol untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system call dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Programmer sering menggunakan API untuk menggunakan fungsi standar demi berinteraksi dengan sistem operasi lain.

Pengertian Web API Bagi Pemula

Sedangkan Web API adalah API yang bekerja di atas teknologi web yang menerima pesanan dari klien dan memberikan respon yang sesuai melalui protokol atau aturan tertentu. Web API lebih populer dengan sebutan web service, karena API tersebut memberika layanan service yang diminta oleh klien. Pada web API, hubungan antara klien dan server tidak terjadi secara langsung. Hubungan antara klien dan server di jembatani oleh file web API dalam format tertentu.

Web API terdiri atas:
• Kumpulan fungsi-fungso JavaScript
• JSON, REST. SOAP, XML-RPC

Contoh dari Web API ialah:
• Google Map API –> http://code.google.com/apis/maps/
• Facebook API –> http://wiki.developers.facebook.com/index.php/API

Dapat mengintegrasikan facebook dengan website, untuk pengembangan aplikasi yang dapat dijalankan pada facebook dan digunakan untuk pengembangan aplikasi facebook untuk iphone.
API yang disediakan antara lain : FBML, FQL, FBJS, XFBML, REST API

Web API atau Web service sendiri dibentuk dari:
1. Service Provider, berfungsi menyediakan operasi dari web service
2. Service requestor, bertindak sebagai klien dari web service yang mencari dan memulai interaksi terhadap layanan yang di sediakan
3. Service registry, tempat dimana service provider mempublikasikan layanannya.