Seputar Tekno

Pengertian VLE

Pernahkah Sahabat Gaptex mendengar istilah VLE? Mungkin ada yang sudah pernah bahkan tahu apa itu VLE, dan mungkin juga sama sekali tidak pernah mendengar istilah ini sebelumnya. Jika kalian pernah mendengar istilah E-Learning, mungkin istilah VLE ini sudah tak asing lagi. Pasalnya VLE ini sendiri merupakan bagian dari E-Learning.

Pengertian VLE

Virtual Learning Environment (VLE) merupakan sebuah tempat belajar / kelas yang di dalamnya terdapat guru dan siswa belajar dan berkomunikasi tetapi melalui online. Lingkungan belajar virtual ini menuntut adanya website khusus yang dapat menghubungkan siswa dengan guru maupun antar siswa itu sendiri, karena segala informasi kelas, material pembelajaran, serta tugas yang harus dikerjakan semuanya terdapat di dalam web tersebut.

Semakin canggihnya teknologi, orang-orang semakin berpikir secara modern pula. Mereka memanfaatkan internet bukan sekedar untuk chat saja, melainkan mereka bertukar ilmu satu sama lain. Dengan adanya lingkungan pembelajaran virtual ini, diharapkan para siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Begitu pula dengan guru, mereka tak wajib berdiri di depan kelas sambil menerangkan materi. Kini para guru bisa mengajar untuk siswa yang tinggal di berbagai tempat hanya dalam satu website. Guru bisa menggunakan video untuk memberi materi dan mem-posting tugas agar siswa bisa mendownload dan mengerjakannya. Siswa juga bisa mendapatkan notifikasi melalui email mengenai informasi terbaru di dalam web kelas.

Siswa dapat mengakses semua informasi mengenai kelas tersebut dan juga dapat mendowload tugas yang sudah di-post oleh guru sebelumnya kapanpun mereka login ke dalam web. Siswa diminta untuk membaca materi / penjelasan yang diberikan oleh guru pada komputer mereka masing-masing. Ada beberapa kelas virtual yang memungkinkan siswa untuk langsung menyelesaikan tugas mereka secara online.

Untuk mengikuti kelas virtual, kita hanya wajib menyediakan beberapa persiapan seperti komputer / laptop / tablet yang memiliki software khusus. Selain itu juga dibutuhkan microfon dan kamera agar bisa saling berkomunikasi dengan baik.

Banyak sekali keunggulan dari lingkungan belajar virtual ini. Orang-orang dari tempat yang berbeda dan berjauhan dapat saling berkumpul dalam satu web dan berbagi pengetahuan dengan cara yang sangat menyenangkan. Namun, kelas virtual ini tetap tidak dapat mengganti fungsi dari kelas tradisional sebelumnya. Kelas virtual ini hanya dibuat untuk dijadikan tambahan dan sekaligus sarana komunikasi dan silaturahmi untuk para penggunanya.

Kini tak ada lagi alsan untuk tidak belajar. Salah satu metode popular dari E-Learning ini memberikan solusi bagi siapapun yang ingin belajar tanpa harus repot berkumpul dalam satu tempat. Siswa dan guru dapat saling berkomunikasi dan belajar di manapun dan kapanpun mereka inginkan.