Seputar Tekno

Pengertian SMO (Social Media Optimization)

Kunci utama untuk sebuah website yang sukses adalah mempunyai jumlah pengunjung yang banyak. Pengunjung umumnya berasal dari pencarian di search engine seperti Google. Namun di zaman era media sosial saat ini pengunjung dapat berasal situs-situs sosial media. Hal tersebut sering dikenal dengan singkatan SMO atau Social Media Optimization. SMO adalah aktifitas untuk mendatangkan pengunjung dari media sosial ke website Anda.

Pengertian SMO (Social Media Optimization)

Aktifitas Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Vivalog, ataupun Google+ menimbulkan dampak yang besar untuk mendapatkan pengunjung. Dengan adanya SMO konten, website yang Anda bangun akan banyak mengdatangkan pengunjung secara kontinyu, namun SEO menjadi teknik utama dalam mendapatkan pengunjung.

Biasanya, tautan konten di website yang dibagikan melalui media sosial memang memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan pengunjung, untuk itu SMO sangat penting keberadaannya dan tidak bisa diremehkan. Sebab, semakin banyak pengunjung yang mengklik website Anda maka semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan.

SMO adalah sebuah proses yang dilakukan pemilik website dalam mengoptimalkan situsnya melalui media sosial dengan tujuan berharap mendapatkan dampak positif bagi kemajuan bisnis websitenya. Saat ini, media sosial terbesar di dunia adalah Facebook berdasarkan Alexa Inc. Situs dengan logo biru buatan Marc tersebut di akses oleh miliaran orang di dunia setiap detiknya.

Tak jauh berbeda dengan SEO (https://spaceku.com/pengertian-seo-search-engine-optimization/), SMO juga bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan Anda melalui dunia digital. Jadi, jika SMO yaitu serangkaian proses yang dilakukan pada media sosial dengan tujuan menaikan trafik ke situs utama, brand dan berbisnis, SEO menjadi kembarannya yang sama-sama memanfaatkan situs-situs raksasa di dunia, contohnya Google.

Adapun beberapa cara dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog atau website dengan melakukan SMO sebagai berikut:
· Membangun reputasi
· Melakukan engagement atau percakapan
· Memilih konten yang berkualitas
· Memilih media sosial yang sesuai
· Mengikuti aktivitas pengguna media sosial
· Menunjukkan jati diri pengarang
· Melakukan optimization page atau post

Dari semua langkah di atas, yang paling terpenting yakni bangunlah kepercayaan konsumen atau pembaca website Anda sebaik mungkin terhadap bisnis yang Anda jalankan. Namun jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu terlalu lama untuk melakukan SMO, saat ini kebanyakan media sosial telah memberikan fasilitas pasang iklan pada situs mereka, seperti Facebook ads dan Twitter ads.