Seputar Tekno

Pengertian Search Engine

Sobat Gaptex, apa sih pengertian search engine? Mungkin, bagi Anda yang baru mengenal internet tentunya kesulitan jika ditanya mengenai search engine. Padahal, jika kita sering membuka layar internet tentunya tidak asing lagi bagi kita. Karena untuk mencari segala informasi baik mengenai pengetahuan, berita, video, audio, film dan lain sebagainya kita mencarinya melalui search engine ini. Ya, seperti arti dari namanya, search engine yang berarti mesin pencari ini, membantu para pengguna internet untuk mendapatkan berbagai informasi yang mereka cari. Jadi, pengertian dari search engine adalah sebuah software yang dirancang untuk memudahkan pengguna internet mencari sebuah data atau informasi.

Pengertian Search Engine

Tak hanya berupa file text saja yang bisa Anda dapatkan, tetapi juga Anda bisa mendapatkan gambar, video, film, musik dan lain sebagainya sesuka hati Anda. Dalam dunia internet, search engine sendiri sangat penting. Karena tanpa software ini kita akan kesulitan mencari data atau informasi dari internet. Selain itu, bagi Anda yang berbisnis di internet atau berbisnis online sangat penting mengetahui peranan dan pengertian dari search engine ini karena dapat membantu pebisnis online untuk meningkatkan pemasarannya di dunia internet.

Cara Kerja Search Engine
Bagi Anda yang masih asing menggunakan internet, tentunya penting mengetahui sistem kerja dari search engine ini. Cara kerja search engine yaitu dengan cara membuka software search engine tadi. Lalu, masukkan data sesuai kata kunci yang Anda cari kemudian klik ‘search’ maka akan muncul banyak data yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Jika kebingungan, sebaiknya pilih data yang berada diurutan pertama search engine. Kenapa? Karena urutan pertama search engine termasuk data yang paling relevan dan akurat sesuai yang dicari.

Macam-macam search engine sendiri cukup banyak, namun yang paling populer dan sering digunakan oleh para pengguna internet adalah Google, Yahoo, Bing, Windows Live, Ask dan lain sebagainya. Itulah beberapa contoh search engine yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna internet. Demikian sedikit pembahasan mengenai pengertian search engine, jenis, dan cara kerja dari search engine yang perlu Anda ketahui.

Semoga bermanfaat!