Seputar Tekno

Pengertian RT/RW-Net

RT/RW-net merupakan jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup area yang kecil dengan melalui jalur kabel ataupun Wireless 2.4 GHz. RT/RW-net juga menjadi salah satu bentuk komunikasi rakyat yang bebas dari birokrasi pemerintah dan Undah-Undang.

Pengertian RT RW-Net

Pertama kali istilah RT/RW-net digunakan sekitar tahun 1996 oleh para mahasiswa di UMM atau Universitas Muhammadyah Malang. Saat itu mahasiswa bernama Nasar dan Muji ingin menyambungkan kos-kosan mereka ke kampus UMM yang akan tersambung dalam jaringan A13 Indonesia melalui GlobalNet di Malang dengan menggunakan gateway Internet di ITB.

Sambungan antara RT/RW-net di kos-kosan ke UMM dilakukan dengan memakai walkie-talkie di VHF band 2 meter dalam kecepatan 1200 bps. Hal inilah terbentuknya nama RT/RW-net yang semula hanya menjadi guyonan para mahasiswa Malang, karena jaringan internet di sambungkan ke beberapa rumah di sekitar kos-kosan mereka.

Untuk lebih sederhana, konsep RT/RW-net sama dengan konsep warnet. Pemilik RT/RW-net akan menyewa atau membeli sebuah bandwith dari penyedia ISP internet, contohnya Telkom, Indonet dan sebagainya, dan akan dijual kembali ke pelanggan. Yang membedakannya adalah RT/RW-net dan warnet adalah tempat pelanggannya berada. Pelanggan RT/RW-net bisa menggunakan internet di rumah masing-masing.

Apa RT/RW-net tersebut harganya murah? Jawabannya adalah iya. Sebagai contoh, jika Sobat Gaptex berlangganan Speedy untuk paket 1024Kb seharga 700ribuan/bulan, lalu di share untuk 10 orang pelangggan, maka tiap bulannya setiap orang hanya membayar ± Rp 70 ribu untuk akses internet berkecepatan hingga 1024 Kbps. Biaya ini tentu sangat murah sebab pelanggan akan bebas memakai internet selama 24 jam sehari selama satu bulan full.

Tujuan utama dan terpenting dalam pembangunan RT/RW-net ini adalah para pemiliknya ingin semua masyarakat dapat turun serta dalam pengembangan internet murah di masyarakat dan sekaligus membangun komunitas yang sadar akan adanya Teknologi Informasi. Apalagi RT/RW-net hanya membutuhkan perangkat yang standar saja misalnya modem atau router yang nantinya disesuaikan dengan sumber koneksi internet, dan pemancar WiFi beserta perlengkapannya seperti Access Point, antena, Box Access Point, kabel pigtail, dan sebagainya.