Seputar Tekno

Pengertian Page View

Setiap kali seorang pengguna mengunjungi suatu halaman web, hal demikian disebut sebagai page view. Page view, atau juga sering ditulis pageview, merupakan jumlah berapa kali suatu halaman web dikunjungi. Page view sering kali dilacak oleh aplikasi-aplikasi website monitoring untuk merekam traffic website.

Pengertian Page View

Semakin banyak jumlah page view yang dimiliki sebuah website, semakin banyak pula traffic yang ia terima. Namun, karena sebuah page view dicatat setiap kali suatu halaman web dimuat, seorang pengguna individual bisa saja meningkatkan jumlah page view pada suatu website hanya dengan mengakses website tersebut berulang-ulang. Oleh karena itu, unique page view biasa diukur dengan cara menghitung jumlah pengunjung berbeda yang diterima suatu website dalam periode waktu tertentu (meski, kalau memang niat, metode pengukuran page view ini bisa diakali seseorang dengan cara mengakses website melalui beberapa perangkat berbeda).

Pengguna awam sering tertukar antara page view dengan website hit. Meski kebanyakan orang menggunakan istilah website hit untuk mendeskripsikan page view, namun secara teknis sebuah hit dicatat untuk setiap objek yang di-load selama sebuah page view. Sebagai contoh, bila sebuah halaman web terdiri atas HTML, dua gambar, dan sebuah objek JavaScript, maka sebuah page view akan mencatatkan empat hit. Jika sebuah halaman mengandung dua ratus gambar, maka satu page view terhadap halaman tersebut akan mencatatkan dua ratus hit.

Jadi, page view ialah jumlah kunjungan terhadap halaman web, sedangkan website hit lebih tepat merujuk pada jumlah objek yang dimuat dalam suatu waktu.

Mungkin istilah page view itu lebih mirip dengan ad impression, yang sering kali diukur oleh para pengiklan online. Page view dan ad impression bisa jadi identik satu sama lain bila hanya ada satu buah iklan yang diletakkan di setiap halaman. Akan tetapi, bila ada beberapa iklan yang diletakkan dalam satu halaman, maka angka ad impression akan lebih besar daripada angka page view, sebab ad impression mengukur pada jumlah iklan yang dilihat pengunjung.

Semoga bermanfaat!