Seputar Tekno

Pengertian NFC (Near field communication)

Selain infra red dan bluetooth, ada satu lagi teknologi wireless yang akhir-akhir ini semakin dikenal masyarakat, yaitu NFC. Pada posting kali ini, secara khusus kita akan membahas pengertian NFC, penerapan, dan standar teknologinya.

Pengertian NFC

Pengertian NFC
NFC merupakan kependekan dari Near Field Communication, merupakan sebuah set teknologi jarak pendek tanpa kabel, biasanya membutuhkan jarak 4cm atau kurang untuk membentuk koneksi. NFC memungkinkan pengguna membagi data diantara perangkat yang memiliki fitur NFC.

Basis teknologi yang digunakan NFC adalah RFID (Radio Frequency Identification) dengan memakai induksi medan magnet untuk menghantarkan data dan komunikasi antar perangkat.

Bluetooth & NFC
Bluetooth merupakan teknologi nirkabel yang sudah eksis sejak lama, terus mengalami ke versi terbaru yang lebih canggih dan cepat. Sementara itu, sebagai teknologi baru, NFC jauh lebih canggih dan cepat. Secara umum, bluetooth dan NFC sama-sama merupakan komunikasi wireless dengan penggunaan yang berbeda.

Penerapan NFC
Selain sebagai sarana pengiriman data bebas kabel, NFC sudah diimpelemntasikan pada sistem pembayaran digital sistem sentuh. NFC menjadi media paling baik untuk identifikasi protokol yang memvalidasi secara aman dalam transfer data. Hal semacam ini memungkinkan pemakai untuk membuka content digital serta terhubung dengan piranti elektronik yang lain hanya dengan menyentuh atau membawa perangkat dalam jarak dekat.

Lebih lanjut, pada masa depan, NFC diprediksi akan dapat membuat pengguna lebih gampang untuk membayar sesuatu, seperti untuk beli ticket atau karcis transportasi umum, serta pemakaian layanan umum lainnya. NFC dapat menggantikan fungsi kartu debit maupun kredit yang selama ini sudah kita kenal.

Standar NFC
Pemerintah Indonesia dikabarkan akan segera membuat aturan mengenai tatalaksana penggunaan NFC di dalam negri. NFC sendiri didukung oleh consumer electronics (CE), produsen piranti handphone, produsen semikonduktor, jaringan operator, perusahaan layanan, perusahaan tehnologi, serta instansi keuangan. Pada tahun 2004, gabungan beberapa perusahaan komunikasi seluler serta elektronik membuat industri atau asosiasi non-profit yang bernama forum NFC, dan sekarang ini forum NFC mempunyai lebih dari 80 organisasi anggota di seluruh dunia.

Dasar tehnologi NFC adalah ISO serta ETSI dengan standard ECMA. NFC sudah memenuhi kriteria standard internasional utama untuk interoperabilitas smartcard, sedangkan ISO 14443 telah kompatibel dengan jutaan smartcard dan sudah dipakai di seluruh dunia.

Semoga bermanfaat!