Seputar Tekno

Pengertian NetWare

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian NetWare dan juga bagaimana terbentuknya NetWare beserta jenis-jenisnya. Bagi Sobat Gaptex yang belum tahu, NetWare adalah sistem operasi jaringan komputer pertama yang dikembangkan oleh Novell, Inc. Pada awalnya digunakan multitasking kooperatif untuk menjalankan berbagai layanan di komputer pribadi, menggunakan protokol jaringan IPX.

Sesuai namanya, sistem operasi ini dibuat khusus dan dikembangkan untuk kepentingan Net atau jaringan. NetWare merupakan sistem operasi yang dikembangkan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan bekerja dengan menggunakan protocol jaringan dari Xerox XNS.

Sejarah NetWare
Produk NetWare yang asli pada tahun 1983, mendukung klien yang menjalankan CP/M dan MS-DOS, menjalankan topologi jaringan bintang yang didasarkan pada server file Novell dengan menggunakan prosesor Motorola 68000. Namun kemudian, perusahaan tersebut segera pindah dari perangkat kerasnya sendiri, membuat NetWare menjadi perangkat keras yang mandiri, dan berjalan pada sistem IBM PC Intel berbasis Intel yang sesuai, dan berbagai macam kartu jaringan liannya. Sejak awal, NetWare menerapkan sejumlah fitur yang terinspirasi dari mainframe dan sistem komputer mini yang tidak tersedia di pesaingnya.

Pada awal 1990-an, Novell memperkenalkan produk jaringan murah yang terpisah, tidak terkait dengan NetWare klasik. Produk yang dimaksud adalah NetWare Lite 1.0 (NWL), dan kemudian Personal NetWare 1.0 (PNW) pada tahun 1993.

Pada tahun 1993, lini produk utama mengambil giliran dramatis ketika Versi 4 memperkenalkan NetWare Directory Services (NDS), sebuah layanan direktori global yang serupa dengan Active Directory yang akan diluncurkan Microsoft tujuh tahun kemudian. Bersamaan dengan itu, muncul sistem e-mail baru, GroupWise, suite konfigurasi aplikasi, ZENworks, dan BorderManager produk keamanan semuanya ditargetkan untuk kebutuhan perusahaan besar.

Pada tahun 2000, bagaimanapun, Microsoft mengambil lebih banyak basis pelanggan Novell dan Novell semakin melihat ke masa depan berdasarkan kernel Linux. Pengganti NetWare, Open Enterprise Server (OES), dirilis pada bulan Maret 2005, menawarkan semua layanan yang sebelumnya dipandu oleh NetWare v6.5, namun pada SUSE Linux Enterprise Server, kernel NetWare tetap menjadi pilihan sampai OES 11 di akhir 2011.

Rilis terakhir adalah NetWare versi 6.5SP8 bulan Mei 2009, dimana saat itu Netware tidak lagi ada dalam daftar produk Novell. Dukungan Umum NetWare 6.5SP8 berakhir pada tahun 2010, dengan dukungan ini diperpanjang sampai akhir 2015, sedangkan Self Support sampai akhir 2017. Penggantinya nanti adalah Open Enterprise Server.

Jenis-jenis NetWare
1. NetWare 286 2.x
Advanced NetWare versi 2.x, diluncurkan pada tahun 1986, ditulis untuk CPU 80286 yang baru. CPU 80286 menampilkan mode terlindungi 16-bit teranyar yang menyediakan akses hingga 16 MB RAM serta mekanisme baru untuk membantu multi-tasking. Kombinasi 16 MB RAM limit yang lebih tinggi, penggunaan fitur prosesor 80286, dan batas ukuran volume 256 MB NetWare, memungkinkan pembangunan jaringan area lokal berbasis server yang handal dan hemat biaya untuk pertama kalinya.

2. NetWare 3.x
Peluncuran NetWare 3.x merupakan langkah maju yang besar. OS ini dimulai dengan v3.0 pada tahun 1990, diikuti dengan cepat oleh v3.10 dan v3.11 pada tahun 1991. Fitur utama dari NetWare 3.x adalah dukungan untuk mode 32-bit protected, menghilangkan batas memori 16 MB NetWare 286 dan karena itu memungkinkan hard drive yang lebih besar untuk didukung, sejak NetWare 3.x meng-cache seluruh tabel alokasi file dan tabel entri direktori ke memori untuk kinerja lebih mumpuni.

Versi NetWare 3.x juga lebih mudah dipasang, dengan dukungan disk dan jaringan yang disediakan oleh modul perangkat lunak yang disebut NetWare Loadable Module (NLM) yang dimuat pada saat start-up atau saat dibutuhkan. NLM juga bisa menambahkan fungsionalitas seperti software anti-virus, software backup, database dan server web.

3. NetWare 4.x
Versi 4 pada tahun 1993 memperkenalkan NetWare Directory Services, yang kemudian diberi label ulang sebagai Novell Directory Services (NDS), berdasarkan X.500, yang menggantikan Bindery dengan layanan direktori global, di mana infrastruktur tersebut dideskripsikan dan dikelola di satu tempat. Selain itu, NDS menyediakan skema yang dapat diperluas, memungkinkan pengenalan jenis objek baru, sehingga pengguna dapat mengakses sumber daya jaringan tanpa masalah di server mana mereka tinggal, walaupun jumlah lisensi pengguna masih terkait dengan server individual.

Fitur baru lainnya adalah NetWare Asynchronous Services Interface (NASI). NASI memungkinkan berbagi jaringan beberapa perangkat serial, seperti modem. Pengalihan port klien terjadi melalui driver MS-DOS atau Microsoft Windows yang memungkinkan perusahaan mengkonsolidasikan modem dan saluran telepon analog.

4. NetWare untuk OS/2
Pada bulan Agustus 1993, Novell merilis versi pertama “NetWare for OS/2”. Rilis pertama ini didukung OS/2 2.1 sebagai basis OS, dan mengharuskan pengguna membeli dan menginstal IBM OS/2 yang pertama, kemudian membeli NetWare 4.01, dan kemudian menginstal produk NetWare untuk OS/2. Saat itu, NetWare OS/2 dijual seharga $ 200.

5. NetWare 4.1x dan NetWare untuk Bisnis Kecil
Novell menjual NetWare 4.10 sama dengan NetWare 3.12, yang memungkinkan pelanggan yang menolak NDS (biasanya usaha kecil) untuk mencobanya tanpa biaya. Kemudian Novell merilis NetWare versi 4.11 pada tahun 1996 yang mencakup banyak perangkat tambahan yang membuat sistem operasi lebih mudah dipasang, lebih mudah dioperasikan, lebih cepat, dan lebih stabil. OS ini juga termasuk klien 32 bit pertama untuk workstation berbasis Microsoft Windows, dukungan SMP dan Administrator NetWare (NWADMIN atau NWADMN32), alat administrasi berbasis GUI untuk NetWare.

6. NetWare 5.x
Dengan dirilisnya NetWare 5 pada bulan Oktober 1998, Novell mengubah antarmuka NCP utamanya dari protokol jaringan IPX/SPX ke TCP/IP untuk memenuhi permintaan pasar. Produk selanjutnya terus mendukung IPX/SPX, namun penekanannya lebih beralih ke TCP/IP.

Fitur baru yang termasuk di dalamnya yaitu:
– Sebuah GUI untuk NetWare
– Novell Storage Services (NSS), sebuah sistem berkas untuk menggantikan NetWare File System
– Mesin virtual Java untuk NetWare
– Novell Distributed Print Services (NDPS), infrastruktur untuk pencetakan melalui jaringan
– ConsoleOne, konsol administrasi GUI berbasis Java
– Server DNS dan DHCP berbasis direktori
– Dukungan untuk Storage Area Networks (SAN)
– Novell Cluster Services (NCS), pengganti SFT-III
– Oracle 8i dengan lisensi 5 pengguna

7. NetWare 6.0
NetWare 6 dirilis pada bulan Oktober 2001, tak lama setelah pendahulunya. Versi ini memiliki skema perizinan yang disederhanakan berdasarkan pengguna, bukan koneksi server. Hal ini memungkinkan koneksi tak terbatas per pengguna ke sejumlah server NetWare di jaringan. Novell Cluster Services juga diperbaiki untuk mendukung cluster 32-node, dimana basis produk NetWare 6.0 menyertakan lisensi clustering dua node.

8. NetWare 6.5
NetWare 6.5 dirilis pada bulan Agustus 2003. Beberapa fitur baru dalam versi ini termasuk:
– Produk open source lebih banyak seperti PHP, MySQL dan OpenSSH
– Port dari shell Bash dan banyak utilitas Unix tradisional seperti wget, grep, awk dan sed untuk memberikan kemampuan tambahan untuk scripting
– Dukungan iSCSI (target dan inisiator)
– Fungsi pengontrol domain
– Kata sandi universal
– ExteNd Application Server – server aplikasi Java EE 1.3 yang kompatibel
– Dukungan untuk profil driver printer yang disesuaikan
– Dukungan bit NX
– Dukungan untuk perangkat penyimpanan USB
– Dukungan untuk volume terenkripsi