Seputar Tekno

Pengertian NetFlow

Jaringan komunikasi data tentu harus digunakan sebaik-baiknya. Namun terkadang timbul permasalahan seperti komunikasi antar cabang, koneksi internet yang tidak stabil, lambatnya koneksi antar PC dan masih banyak lagi, sehingga menghambat pekerjaan yang mesti diselesaikan. Untuk mengatasi permasalahan itu, Anda akan memerlukan bantuan sebuah sistem monitoring.

Pengertian NetFlow

Sebuah jaringan komunikasi data yang terawat dengan baik pastinya mempunyai sistem monitoring yang baik pula. Untuk itu, tersedia solusi untuk memata-matai isi dan jaringan Anda dengan lebih detail melalui Netflow. NetFlow merupakan sebuah aplikasi untuk memonitor jenis traffic dan besarannya dalam satuan byte, baik dari atau ke sebuah interface router jaringan. NetFlow juga terdiri dari sistem penulisan, pengiriman, perhitungan dan pengaturan informasi dari aliran-aliran data dari sistem jaringan.

NetFlow sangat berguna sekali bagi seorang Network Engineer sebab dapat melihat jenis-jenis trafik yang lewat dari/ke sebuah router supaya dapat di analisa apabila terjadi kejanggalan, contohnya DDos Attack, alokasi bandwidth untuk QoS suatu service, dan sebagainya. Sementara untuk fungsi utama dari NetFlow sendiri adalah bandwidth yang terpakai dalam sistem jaringan tertentu, source dan Destination, jenis port dan waktu pengiriman dan penerima.

Lantas bagaimana NetFlow dihasilkan oleh perangkat jaringan? NetFlow hampir dapat dipasang pada semua perangkat jaringan dari Cisco yang telah dilengkapi oleh sebuah prosesor khusus bernama ASIC, sehingga perangkat yang tidak dibekali oleh prosesor khusus tersebut belum tentu dapat menghasilkan data flow yang di analisis.

Pada perangkat yang memungkinkan NetFlow, Anda cukup memasang perintah pada interface-interface yang ingin Anda teliti lebih jauh traffic-nya. Perintah ini persis seperti sensor, yang bekerja saat ada data sekecil apapun melewatinya, maka sensor akan langsung mengetahuinya, menganalisisnya, atau bahkan mengubahnya menjadi data statistik tentang karakteristik data tersebut.

Interface yang dipasang oleh perintah NetFlow hanya akan menangkap informasi paket yang masuk ke dalam interface ini, sehingga jika Anda ingin melihat data yang keluar maka Anda harus mengetahui paket keluar dan masuk pada interface yang mana, karena paket yang keluar tidak pernah tercatat.