Seputar Tekno

Pengertian Multimedia Content Production

Pasti Anda sering mendengar istilah multimedia bukan? Namun apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan multimedia? Kata multimedia berasal dari kata serapan yang di ambil dari bahasa latin yakni Multi dan Medium. Multi artinya banyak atau bermacam-macam, sedangkan Medium ialah alat untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Secara umumnya, multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan suara, gambar, animasi, video atau bahkan teks dengan alat bantu (tool) serta koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berkarya, berinteraksi dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan dan dunia game.

Pengertian Multimedia Content Production

Multimedia terbagi menjadi dua kategori yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication. Kedua kategori tersebut berbeda fungsi karena penggunaannya juga berbeda. Media Communication sering digunakan untuk media massa seperti televisi, radio, internet, dan media cetak yang berguna untuk mempublikasikan, menyiarkan dan mengkomunikasikan material periklanan, entertainment, berita atau pendidikan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara rinci mengenai pengertian Multimedia Content Production. Kategori multimedia ini memiliki artian sebagai penggunaan media berupa teks, audio, graphics, animation, video atau interactivity yang berbeda dalam memberikan suatu informasi dan menghasilkan produk multimedia. Beberapa komponen aplikasi dari Multimedia Content Production adalah :

1. Text
Menggunakan teks sebagai media merupakan perkembangan manusia sejak peradaban manusia pertama kali sejak dikenalnya simbol hingga berkembang ke arah bentuk teks. Pesan yang di sampaikan dalam bentuk teks menjadi informasi yang begitu penting dan dapat menjadi sangat menarik bila ditambahkan headline, font, atau diberi image dan suara.

2. Graphics
Pada produk Multimedia Content Production, media grafis terbagi menjadi 2 tampilan dimensi yang dapat berbentuk gambar atau teks. Yang pertama ialah grafis bersifat graf atau dilambangkan dengan huruf. Sedangkan yang kedua bersifat matematika, statistika, wujud titik-titik, garis atau bidang secara visual.

3. Video
Suara dan video memegang peranan penting dalam presentasi multimedia, karena kebanyakan orang lebih tertarik dengan aplikasi/presentasi yang berbentuk video. Video sendiri telah diperkenalkan secara umum kurang lebih 50 tahun yang lalu. Namun hubungan antara video di televisi dan komputer adalah hal yang relatif masih baru, sedangkan digital video merupakan teknologi yang paling terbaru.

4. Audio
Lingkup kerja audio meliputi produksi, manipulasi, perekaman dan reproduksi gelombang suara. Untuk memahami audio, Anda harus memiliki pemahaman tentang Sound Waves dan Sound Equipment. Sound Waves melingkupi bagaimana terjadinya dan bagaimana Anda dapat mendengarnya sedangkan Sound Equipment yaitu mengenai komponennya, cara kerja, dan bagaimana memilih peralatan yang benar serta cara penggunaan.

5. Animasi
Animasi merupakan perubahan visual dengan perubahan waktu yang signifikan dan memberikan kekuatan besar pada proyek multimedia. Multimedia Content Production dapat di animasikan secara keseluruhan atau dibagian tertentu sehingga memberi aksen supaya lebih menarik.