BloggingTutorial

Pengertian Keyword Itu Adalah …

Secara harfiah, pengertian keyword sangat sederhana, yakni “kata-kunci”. Tetapi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia online, baik IM (internet marketer) maupun ahli SEO (search engine optimization), keyword memiliki pengertian yang jauh lebih kompleks dari hanya sekedar kata kunci belaka. Pada posting kali ini, kita akan membahas definisi dan pengertian keyword dari sisi yang lebih dalam.

Pengertian Keyword

Keyword menurut “demand”
Keyword based on demand berarti sebuah kata kunci yang senantiasa dicari karena kebutuhan akan informasi yang berhubungan. Keyword ini disebut sebagai ‘keyword abadi’ karena tidak terpengaruh oleh waktu dan tren. Keyword “abadi” ini mendominasi seluruh keyword yang ada, misalnya saja :
– “Cara melahirkan normal” : selama manusia masih melahirkan, maka selama itu pula keyword ini akan selalu dicari melalui search engine seperti Google.
– “Gejala penyakit tipes” : selama masih ada yang namanya sakit tipes, selama itu pula keyword ini akan selalu dicari. Pada musim-musim tertentu, keyword ini akan juga menjadi keyword tren dengan peningkatan jumlah pencarian.
– dsb

Keyword on demand terbentuk sendiri dalam masyarakat secara alami dan bisa diriset dengan cukup mudah menggunakan tools-tools keyword yang tersedia seperti Google keywords tool dan lainnya. Perubahan jumlah pencarian keyword setiap bulan biasanya tidak siginifikan. Justru dengan semakin bertambahnya jumlah pengguna internet, maka semakin tinggi pula jumlah pencarian yang dilakukan.

Simak: Cara riset keyword (tutorial komplit)

Keyword menurut “trend”
Apa yang sedang dibicarakan dan hangat hari ini akan meningkatkan volume pencarian secara signifikan. Setelah itu, keyword berbasis tren akan turun secara tajam volumenya dan bisa jadi menghilang. Contoh keyword trend sangat banyak, misalnya saja berita artis, pertandingan olahraga, jadwal sinetron dan lain sebagainya. Untuk memonitor trend, Anda dapat mencarinya melalui Google Trends.

Kompetisi Keywords
Dalam prakteknya, keywords merupakan sesuatu yang dibidik oleh para pembuat konten (website atau blog) atau pemasang iklan. Semakin tinggi volume pencarian, maka biasanya semakin tinggi pula kompetisinya. Jika keyword berhubungan dengan sebuah produk atau jasa, maka keyword tersebut menjadi semakin bernilai.

Berikut beberapa istilah dalam penyebutan keyword :
– HPK (high paying keyword) = keyword dengan nilai click yang mahal karena berhubungan dengan barang dan jasa. Contoh HPK adalah keyword yang berhubungan dengan asuransi, gadget, produk bayi, desain rumah dan lain sebagainya.
Easy To Rank Keyword = keyword yang memiliki volume pencarian rendah hingga sedang dengan kompetisi yang relatif mudah. Keyword ini biasanya dibidik untuk dimenangkan dengan mudah di mesin pencari. Meski mudah, beberapa keyword dalam kategori ini juga termasuk HPK dan keyword yang berharga.

Cara Riset Keyword
Memahami bagaimana sebuah keyword ditemukan dan diproses menjadi sebuah konten berkualitas agar muncul di halaman awal mesin pencari merupakan sesuatu yang amat vital dalam dunia SEO. Bayangkan Anda membuat sebuah website dengan tema yang memiliki pencarian sangat rendah, maka sebaik apapun konten yang Anda buat, tak akan ada pengunjung yang bertandang. Pembahasan tentang cara riset keyword sangatlah banyak dan harus dibuat postingan khusus untuk mempelajari detailnya.

Contoh Kasus
Agar lebih mudah, contoh kasus yang akan dibahas adalah “Pengertian Keyword” sebagaimana judul dari artikel ini. Berdasarkan data Google Keyword Tools, volume pencarian adalah 110 x setiap sebulan. Beberapa keyword lain yang juga meyerupai adalah :
– riset keyword : 170
– cara riset keyword : 320
– keyword adalah : 90

Seluruh keyword diatas memiliki kompetisi rendah dengan nilai klik yang relatif tinggi. Maka harapan dari membuat posting ini adalah agar muncul di Google ketika ada orang yang sedang mencari keyword-keyword diatas atau yang berhubungan. Asumsi jumlah visit adalah 20-30 visitor sehari ketika artikel masuk halaman pertama Google.

Semoga bermanfaat!