Seputar Tekno

Pengertian Hotfix

Sobat Gaptex, apakah Anda pernah mendengar istilah hotfix? Mungkin ya, mungkin tidak, karena istilah hotfix memang kurang lazim digunakan. Hotfix erat berkaitan dengan isu pembaharuan software. Berikut kita akan membahas tentang pengertian hotfix.

Pengertian Hotfix

Pengertian hotfix kira-kira dapat dijelaskan sebagai berikut : “sebuah hotfix adalah sebuah update terhadap suatu software yang didesain untuk memperbaiki bug maupun lubang keamanan tertentu. Berbeda dengan version update secara umum, hotfix sering kali dibuat secara mendadak dan dirilis secepat mungkin untuk meminimalisir efek negatif dari masalah yang sedang dihadapi. Sehingga, hotfix merupakan sesuatu yang amat penting.

Anda dapat menerima notifikasi tentang kehadiran hotfix melalui e-mail atau melalui pemberitahuan di dalam program itu sendiri. Hotfix dapat hadir dengan label “critical update” atau “security update”. Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna untuk melakukan update hanya dengan meng-klik tombol update di dalam program. Aplikasi lain mungkin mengharuskan pengguna untuk mengunduh paket hotfix dan menjalankannya dalam bentuk executable file.

Sangat disarankan untuk melakukan update hotfix ASAP (as soon as possible – sesegera mungkin) untuk menghindari kemungkinan masalah pada software. Terlebih, bila masalah tersebut merupakan sesuatu yang kritis dan genting seperti celah keamanan data. Namun, bagaimanapun juga, Anda wajib memastikan bahwa notifikasi hotfix yang Anda terima resmi berasal dari pihak pengembang software, sebelum setuju untuk melakukan instalasi.

Anda bisa memeriksa situs web si pengembang untuk melihat update history dan release note untuk program yang Anda gunakan. Jika benar bahwa pihak pengembang merilis hotfix, maka Anda dapat segera menginstal hotfix itu dengan aman. Jika tidak, dikhawatirkan bahwa pemberitahuan hotfix yang Anda terima palsu, dan file-file yang diminta untuk diunduh justru merupakan file-file berbahaya. Anda juga dapat mampir ke forum-forum diskusi pengguna program yang sama di internet untuk mencari tahu tentang pemberitahuan hotfix yang Anda terima.

Perlu Anda ketahui, karena hotfix didesain secara khusus untuk menangani isu spesifik tertentu, biasanya hotfix memiliki ukuran yang kecil. Sehingga, hotfix juga dapat disebut sebagai “patch”, sebab ia “menambal” bug atau lubang keamanan.

Semoga bermanfaat!