Seputar Tekno

Pengertian Google Classroom

Berkembangnya perkembangan teknologi dan internet dalam beberapa tahun terakhir bukan hanya mempengaruhi produk elektronik saja, melainkan juga di dunia pendidikan terutama metode pembelajaran. Mungkin semua orang pernah mengalami duduk di bangku kelas bersama teman-teman sementara guru di depan papan tulis sedang menerangkan pelajaran. Cara tersebut memang masih diterapkan saat ini, namun kecanggihan teknologi mempengaruhi perubahan dalam pola mengajar.

Pengertian Google Classroom

Salah satu perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan adalah munculnya Google Classroom yang dirilis secara resmi pada Agustus 2014. Sesuai dengan namanya, Google mencoba untuk ‘memindahkan’ ruangan kelas tersebut ke ranah online. Jadi misalnya Anda seorang guru, Anda masih bisa bertemu dengan para murid, hanya saja kini melalui layar gadget masing-masing sehingga lebih praktis. Lantas, apa pengertian dari Google Classroom itu sendiri?

Google Classroom atau Ruang Kelas Google adalah suatu serambi pembelajaran campuran untuk setiap ruang lingkup pendidikan sehingga dapat memudahkan seorang guru dalam membuat, membagikan, dan menggolongkan setiap penugasan tanpa kertas. Software tersebut telah diperkenalkan sebagai keistimewaan dari Google Apps for Education yang rilis pada tanggal 12 Agustus 2014. Pihak Google juga telah melakukan pemberitahuan mengenai antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas serta tombol share untuk situs web, sehingga semua pihak pengelola sekolah beserta para developer dibolehkan untuk melakukan penerapan lebih lanjut terhadap Google Classroom.

Dengan adanya Google Classroom, para murid juga secara tidak langsung mendukung gerakan go green. Selain tidak menggunakan kertas sebagai media pembelajaran, Google Classroom juga menyediakan serangkaian perangkat gratis untuk mendukung produktivitas para siswa seperti Gmail, Drive, dan Docs. Oleh sebab itu, siswa dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan buku atau kertas lagi. Nantinya, para guru bisa membuat folder Drive khusus untuk setiap tugas dan untuk siswa agar semuanya dapat lebih teratur serta membuat salinan dokumen di Google Docs secara otomatis.

Selain itu, terdapat pula fitur bernama Class Stream. Fitur tersebut memungkinkan siswa untuk melakukan debat, diskusi, tanya jawab dengan sesama siswa lain maupun dengan guru. Sang guru dapat mengirim pertanyaan ke dalam kelas lalu siswa akan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Bukan hanya dalam bentuk teks, namun guru bisa menyampaikannya dalam bentuk video atau artikel yang kemudian meminta siswa untuk menulis rangkumannya.