Seputar Tekno

Pengertian Gamma Correction

Pasti Anda pernah mengotak-atik pengaturan layar monitor Anda, bukan? Hampir semua orang yang pernah memiliki desktop PC juga pernah penasaran terhadap tombol menu di layar monitor mereka dan melakukan sedikit otak-atik. Jika hasilnya kacau, ada tombol yang dapat mengembalikan pengaturan ke kondisi default. Nah, salah satu pengaturan yang ada disana yakni gamma atau gamma correction. Dalam artikel kali ini, kita akan mencoba memahami pengertian gamma correction.

Pengertian Gamma Correction

Istilah “gamma” merujuk pada level kecerahan dari suatu layar atau tampilan komputer. Ia merupakan suatu pengaturan yang menentukan seberapa terang output dari layar akan ditampilkan. Sehingga, “gamma correction” digunakan untuk mengubah tingkat output dari suatu monitor.

Meski pengaturan gamma mempengaruhi tingkat kecerahan layar, ia tidak sama dengan pengaturan kecerahan “brightness”. Sebab, pengaturan brightness bersifat linear, sedangkan pengaturan gamma tidak. Pengaturan gamma menerapkan suatu fungsi tertentu terhadap level-level input yang menentukan level output akhir. Jika digambarkan dalam bentuk grafik, fungsi dari pengaturan gamma berbentuk kurva, alih-alih garis lurus. Berarti, daerah paling gelap dan daerah paling terang tidak akan terlalu terpengaruh oleh pengaturan gamma yang berbeda, namun daerah pertengahan akan sangat berubah. Pengaturan gamma mempengaruhi tingkat kecerahan serta kontras dari suatu tampilan.

Alasan dari mengapa gamma correction digunakan yakni karena sinyal input dan tegangan yang dikirimkan ke sebuah monitor tidaklah cukup besar untuk dapat menampilkan gambar yang jelas secara langsung. Sehingga, bila gamma tidak disesuaikan, gambar di layar Anda akan jadi terlalu gelap dan sukar dilihat. Dengan menerapkan gamma correction, kecerahan dan kontras layar akan ditingkatkan, membuat gambar tampil lebih terang dan lebih natural. Pengaturan gamma yang umum untuk monitor PC adalah 2.2, sementara untuk monitor Macintosh adalah 1.8.

Semoga bermanfaat!