Seputar Tekno

Pengertian & Fungsi exe

Sobat Gaptex pasti sering menggunakan komputer bukan? Jika iya, Anda pasti sering menjumpai file yang berekstensi .exe. Tak dapat dipungkiri, memang file.exe sangat akrab ditemui oleh para pengguna komputer, contohnya seperti file dwm.exe. Maka dari itu, tak heran apabila file jenis ini menjadi file yang begitu lumrah. Namun apakah Anda tahu apa itu exe?

Pengertian & Fungsi exe

Exe merupakan jenis file installer aplikasi yang digunakan oleh sistem operasi Windows. Jika di Ubuntu beserta turunannya yang lain, maka file akan menggunakan format deb. Apabila Anda ingin mengetahui file apa saja yang ada dalam kategori arsip exe, manfaatkanlah aplikasi p7zip. Pada dasarnya, file yang berekstensi exe ini akan dijumpai dalam beberapa kondisi seperti ini:
· Aplikasi yang belum terinstall. Aplikasi ini merupakan file yang biasa Anda gunakan ketika menginstall sesuatu di PC.
· Aplikasi hasil instalasi, yang merupakan hasil file mentah yang telah di install sebelumnya. Setelah Anda menginstall aplikasi tersebut biasanya akan ada icon-icon di dekstop. Icon ini sebenarnya shortcut yang mengarah ke file.exe di Drive C.
· File-file yang dapat terbuka langsung tanpa harus di install terlebih dahulu aplikasinya.
· File-file kompresi seperti zip atau rar.

File.exe dapat menjadi salah satu jenis file yang sangat berguna karena biasanya digunakan untuk menjalankan program. Tetapi file berekstensi exe membuat potensi berbahaya. Hal ini digunakan sebagai sistem pengiriman virus atau aktivitas hal lainnya. File.exe yang telah terinfeksi akan mudah menyerang laptop Anda. Jika di klik, biasanya muncul sebuah kartu animasi atau permainan sederhana. Tetapi, kode tidak terlihat yang berjalan di background sehingga dapat menginfeksi komputer.

Karena berpotensi bahaya, ketika mengunduh file.exe, Anda harus menyecan terlebih dahulu dengan antivirus sebelum mengekliknya. Untuk tujuan ini, para ahli keamanan juga merekomendasikan pengaturan browser agar situs tidak bisa menjalankan program secara otomatis, sehingga surfer tersebut akan memberikan kesempatan untuk memantau program mana yang akan dikirimkan ke komputer. Walaupun begitu, tidak sedikit juga para pakar menggunakannya untuk program, sehingga file.exe dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta dan perjanjian lisensi oleh pembuatnya.