Seputar Tekno

Pengertian Framework

Framework atau dalam bahasa Indonesianya kerangka kerja merupakan sebuah software yang berguna untuk para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya berupa fungsi, plugin atau konsep sehingga membentuk sebuah sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, suatu aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi.

Pengertian Framework

Dalam artian lain, Framework juga bisa dikatakan sebagai kumpulan script yang dapat membantu para developer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman, contohnya koneksi ke database, pemanggilan variabel, file dan sebagainya sehingga developer dapat lebih fokus untuk membangun aplikasi. Selain itu, framework dapat digunakan kembali kapan saja agar mereka tidak harus membuat script yang sama untuk tugas yang sama pula.

Sebagai contoh ketika Anda akan membuat aplikasi web yang berbasis ajax, dimana sering harus melakukan XMLHttpRequest, maka Xajax bisa mempermudahnya dengan cara menciptakan sebuah objek khusus yang dapat digunakan untuk operasi Ajax berbasis PHP. Secara sederhananya, Framework ialah kumpulan fungsi (libraries), maka para programmer tak perlu lagi membuat fungsi-fungsi dari awal. Mereka hanya perlu memanggil kumpulan library tersebut yang sudah ada di dalam framework.

Beberapa contoh fungsi standar dari framework yaitu fungsi paging, enksripsi, email, SEO, session, secuity, kalender, bahasa, grafik, manipulasi gambar, tabel bergaya zebra, upload, validasi, captcha, template, kompresi, XML, dan lain-lain. Berikut ini macam-macam framework:
· Framework PHP, contohnya CakePHP, Code Igniter (CI), Symphony, Zend, Yii, dan Kohana
· Framework Javascript, contohnya Jquery
· Framework Ruby, contohnya Ruby on Rails (ROR)

Saat ini, telah banyak sekali framework berbasis PHP, di antaranya yang paling populer adalah Zend Framwork atau Code Igniter. Menurut beberapa survei, Code Igniter merupakan framework yang paling mudah dipelajari sebab memiliki kesederhanaan struktur dan kelengkapan dokumentasi yang baik. Selain itu, dari sisi kerapian kode dan ukurannya yang kecil sehingga programmer dapat di akses lebih cepat dibandingkan dengan framework lainnya. Kemudian, manfaat framework secara garis besar adalah:
· Penerapan desain Patterns memudahkan dalam pengembangan, rancangan dan pemeliharaan sistem
· Dapat membantu kerja developer atau programmer untuk membangun aplikasi supaya aplikasi tersebut bisa selesai dalam waktu singkat
· Stability dan reliability aplikasi yang dibangun lebih stabil dan handal karena berbasis framework yang telah teruji
· Coding style konsisten framework akan memudahkan Anda untuk membaca kode dan menemukan bugs
· Security Concern framework akan memasang perisai terhadap berbagai masalah keamanan yang mungkin timbul