Seputar Tekno

Pengertian Frame Rate

Dalam lingkup digital video, sering ditemukan beberapa elemen penting seperti Frame Rate. Frame rate merupakan jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detiknya dalam membuat gambar bergerak dan sering dikenal dalam satuan fps (frames per second). Semakin tinggi angka fps-nya maka akan semakin halus gambar bergeraknya. Biasanya fps tinggi terdapat pada game dan film.

Pengertian Frame Rate

Saat beberapa buah gambar mati yang disambungkan dan dimainkan dengan cepat, mata manusia akan melihatnya seperti pergerakan yang teratur dan halus. Jumlah gambar yang terlihat setiap detik itulah yang disebut dengan frame rate. Diperlukan frame rate minimal 10 fps untuk mampu menghasilkan pergerakan gambar yang halus dan mulus. Film-filn yang Anda lihat di bioskop merupakan film yang diproyeksikan dengan frame rate sebesar 24 fps, sementara video yang dilihat pada layar televisi mempunyai frame rate sebesar 30 fps. Frame rate tersebut digunakan sebagai format standar PAL, NTSC, SECAM yang berlaku dinegara-negara besar dunia.

Frame rate tidak lepas dari fps atau frame per second. Fps ini digunakan untuk mengukur frame rate atau jumlah gambar layar penuh yang ditampilkan secara berturut-turut setiap detiknya. Fps juga menjadi spesifikasi umum yang digunakan dalam pengambilan video dan playback sebagai pengukur kinerja pada video game.

Selain itu, fps digunakan sebagai pengukur frame rate video game. Frame rate maksimum biasanya ditentukan oleh kombinasi dari pengaturan grafis dan GPU. Sebagai contohnya, saat Anda menjalankan sebuah game baru pada komputer lawas, maka Anda mungkin harus mengurangi kualitas grafis untuk mempertahankan frame rate yang juga tinggi. namun jika Anda memiliki komputer atau laptop baru dengan kartu grafis yang kuat, maka Anda tak perlu mengurangi fps untuk meningkatkan pengaturan grafis.

Sedangkan beberapa game membatasi frame rate maksimum, tidak jarang pula untuk GPU yang tangguh untuk menghasilkan lebih dari 100 fps. Untuk game yang dimainkan tanpa lagging, hal tersebut memastikan game mampu mempertahankan lebih dari 60 fps bahkan saat banyak gerakan yang terjadi pada layar. Selain frame rate, beberapa faktor yang mempengaruhi adalah aspek rasio, frame size, level bit, laju bit dan format video.