Seputar Tekno

Pengertian Firewall Pada Jaringan

Firewall adalah sebuah kombinasi dari software dan hardware yang memiliki fungsi memisahkan sebuah jaringan. Dimana jaringan tersebut dipisahkan menjadi 2 atau lebih demi untuk menjaga keamanan dari data. Jadi, secara umum firewall adalah sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang dipakai untuk melindungi data komputer dari serangan komputer lain.

Pengertian Firewall Pada Jaringan

Sistem ataupun perangkat ini memberikan otorisasi yang ada pada lalu lintas sebuah jaringan komputer. Lalu lintas ini adalah lalu lintas yang dianggap aman sehingga dapat dilalui. Jika tidak aman maka dilakukan pencegahan pada jaringan komputer tersebut.

Firewall ini dapat berupa software (perangkat lunak) ataupun hardware (perangkat keras).Keduanya dapat menyaring lalu lintas antar jaringan. Firewall ini sangat dibutuhkan untuk melindungi komputer, terutama yang sedang terhubung dengan koneksi internet. Firewall ini digunakan sebagai gerbang keamanan agar komputer tidak terkena serangan dari luar, dimana jaringan komputer internal dan juga jaringan komputer eksternal terlindungi. Dengan menggunakan firewall ini, lalu lintas yang dilalui hanya lalu lintas resmi karena sudah tersaring. Dengan begitu komputer menjadi lebih aman dan dapat bertahan dari serangan komputer lain ataupun internet.

Pengertian firewall lainnya yaitu kontrol akses yang diberikan terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan dari pihak luar. Mengingat sekarang ini banyak perusahaan yang memiliki akses dengan internet yang cukup baik. Hal ini menyebabkan perlunya sebuah firewall, dimana banyak data yang harus dilindungi agar tahan terhadap serangan dari para hacker ataupun para pencuri data. Dalam hal ini, firewall memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi aset digital perusahaan tersebut.

Firewall juga dapat diartikan sebagai perangkat yang saling terhubung, dimana terletak di suatu server jaringan. Fungsinya tentu saja untuk melindungi data ataupun sumber daya dari serangan luar, dapat dari jaringan pribadi ataupun dari jaringan lain. Pengguna internet yang saat ini sudah mencakup belahan dunia manapun, jika tidak ada firewall ini, maka banyak pihak yang mungkin dirugikan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Firewall ini bekerja sama dengan router yaitu selalu memeriksa paket jaringan agar dapat diketahui tujuannya.