Seputar Tekno

Pengertian Executable Program

Executable file merupakan jenis file yang digunakan pada sistem operasi Windows untuk menjalankan serangkaian perintah tertentu. Biasanya file ini memiliki ekstensi .exe yang sering berisikan kode berbahaya untuk menyebabkan kerusakan serius pada PC. Sedangkan Executable Program lebih merujuk pada bahasa Teknologi Informasi seperti Bahasa Pemograman Java.

Pengertian Executable Program

Pengertian umum dari bahasa pemrograman ialah sebuah intruksi standar untuk memerintah komputer untuk menjalankan fungsi tertentu. Program ini menjadi suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Selain itu, dapat memungkinkan seorang programmer untuk menentukan secara teliti data mana yang akan di olah, bagaimana data akan disimpan, serta jenis langkah apa yang akan di ambil oleh komputer.

Bahasa pemrograman yang paling umum digunakan adalah HTML, JavaScript, PHP, C++, Ruby dan Visual Basic. Dalam proses pembuatan program, Anda akan menulis kode sumber pada teks editor, contohnya di notepad yang kemudian akan di ubah menjadi bahasa mesin yang mampu di eksekusi oleh CPU. Perubahan kode sumber tersebut terdiri dari dua macam yakni Kompilasi dan Interpretasi.

Untuk proses kompilasi, semua source kode akan dibaca terlebih dahulu. Apabila tidak ada kesalahan dalam menulis program, maka akan dibuatkan kode mesinnya supaya program dapat dijalankan. Program yang melakukan tugas tersebut disebut dengan istilah Compiler. Program hasil kompilasi akan berbentuk executable. Itulah kenapa bahasa pemrograman sering disangkutpautkan dengan Executable Program. Program ini dapat langsung dijalankan tanpa harus mempunyai Compiler di komputer. Bahasa yang menggunakan teknik kompilasi seperti bahasa C, C++, Assembly, Pascal dan lainnya.

Sedangkan untuk bahasa yang menggunakan tekni interpretasi akan membaca kode sumber dan di eksekusi perbaris. Apabila ditemukan kesalahan dalam penulisan program, maka program di baris kesalahan tertentu akan dihentikan. Program yang menjalankan tugas ini disebut dengan interpreter. Untuk teknik interpretasi, tidak ada hasil dari program standalone, sehingga untuk menjalankan suatu program, Anda harus memiliki kode sumber sekaligus interpeter program ini. Bahasa yang menggunakan interpretasi contohnya bahasa Python, Perl, Ruby dan sebagainya.