Seputar Tekno

Pengertian Enkripsi

Mungkin beberapa dari kita belum benar-benar mahfum tentang enkripsi. Sebenarnya, apa itu enkripsi dan mengapa ia begitu penting?

Pengertian Enkripsi

Dalam penjelasan yang paling sederhana dan paling mudah dimengerti, enkripsi adalah pengkodean, penyandian data. Enkripsi adalah metode penghapusan atau pengubahan data sehingga isinya menjadi tidak bisa dibaca orang lain. Enkripsi kini diterapkan dalam berbagai data digital, baik dalam penyimpanan maupun pengiriman. Lalu, bagaimana cara agar pihak yang legal dapat membaca isi data yang telah dienkripsi? Dengan melakukan dekripsi, yakni penerjemahan data terenkripsi berdasarkan informasi tertentu – sebuah cipher, kunci alias key.

Jika Anda pernah belajar sandi rumput di Pramuka, bisa dibilang kurang-lebih mirip. Contoh lain yakni mengkode pesan dengan cara menurunkan huruf yang digunakan sebanyak satu buah alfabet. Misal, jika isi pesan asli adalah “I love You”, maka pesan terenkripsi akan menjadi “J mpwf Zpv”. Jika penerima pesan memiliki cipher yang sama, ia tinggal membalik pesan terenkripsi tersebut dengan menaikkan huruf sebanyak satu buah alfabet.

Tentu saja, para pakar komputer, pengembang software, dan kriptografer menggunakan cara-cara yang jauh lebih kompleks dan cerdas dan sangat kuat guna mencegah pihak tak bertanggungjawab memperoleh akses atas informasi sensitif. Membandingkan contoh di atas dengan metode enkripsi modern masa kini itu seperti membandingkan sempoa dengan iPad.

Metode-metode enkripsi yang diterapkan dalam berbagai teknologi masa kini terdiri atas berlapis-lapis pengkodean, dan key untuk suatu bagian pesan belum tentu sama dengan key pada bagian pesan lain. Sehingga, amat sulit untuk memecahkan kode tanpa mengetahui cipher yang digunakan, meski, beberapa protokol keamanan telah diketahui memiliki cacat atau celah keamanan yang memungkinkan pihak ilegal memecahkan cipher dalam suatu jalur komunikasi.

Bagaimana, mengapa, dan dimana saya harus menggunakan enkripsi?
Tentu saja ketika menyimpan atau mengirimkan data-data penting seperti nomor dan PIN kartu kredit serta yang semacamnya. Saat ini, enkripsi sudah menjadi suatu fitur yang wajib ada dan hadir secara default dalam berbagai layanan digital, jadi Anda tidak perlu super khawatir. Malahan, Anda pasti telah mengirimkan dan menerima data dengan enkripsi tanpa Anda sadari, sebab yang melakukan hal tersebut adalah protokol keamanan dan pihak penyedia layanan yang Anda gunakan.

Contoh nyata yakni di browser. Pernahkah ketika Anda tengah berseluncur di dunia maya, Anda melihat lambang berbentuk gembok di sisi kotak URL browser Anda? Jika ya, selamat, komunikasi antara browser Anda dan web server dari URL tersebut telah terenkripsi. Protokol HTTPS untuk browsing internet merupakan protokol HTTP yang dienkripsi dengan SSL.

Dengan semakin liarnya tindak kriminal di dunia maya, enkripsi kini menjadi sesuatu yang bisa dibilang mutlak diperlukan. Apabila layanan messaging yang Anda gunakan menawarkan fitur HTTPS, Anda amat disarankan untuk menggunakan fitur tersebut.

Haruskah kita menyimpan file-file di komputer kita dengan enkripsi? Mungkin saja, tergantung kebutuhan. Anda bisa melakukan hal ini dengan menggunakan media penyimpanan file yang menawarkan kemampuan enkripsi secara default, atau menggunakan software khusus yang dapat mengenkripsi keseluruhan isi sebuah disk. Contoh software yang bisa Anda gunakan adalah Bitlocker, sebuah aplikasi yang kini hadir secara built-in dalam beberapa versi Windows. Di sistem operasi Linux, Anda bisa menggunakan LUKS.

Kasus unik enkripsi yang kini sangat marak terjadi, dan membuat seolah-olah enkripsi merupakan sesuatu yang jahat, adalah ransomware. Ransomware adalah malware yang bekerja dengan cara mengenkripsi data-data dalam komputer korban sehingga tidak bisa dibaca oleh korban. Cipher untuk melakukan dekripsi hanya dimiliki oleh si pelaku. Apabila korban ingin mendapatkan kembali akses menuju file-file miliknya, ia diharuskan membayar sejumlah uang kepada si pelaku. Bisa dibilang, ransomware itu seperti kasus penculikan file di dunia maya.

Semoga bermanfaat!