Seputar Tekno

Pengertian Email Client

Banyak orang tidak tahu apa itu email client. Aplikasi email client yang disematkan di sistem operasi Windows lama jarang disentuh pengguna komputer personal, sehingga Windows berhenti menyertakannya sejak sistem operasi Windows Vista. Namun, bagi sebagian lain, email client tetap menjadi kebutuhan tersendiri, semisal bagi orang yang bekerja secara online yang setiap hari menerima dan mengirim seabrek email.

Pengertian Email Client

Email client, juga dikenal sebagai email reader atau Mail User Agent (MUA), adalah sebuah software untuk mengakses dan mengelola email pengguna. Software email client dapat bekerja untuk akun dengan brand manapun, baik berbayar maupun gratis, asalkan ada dukungan POP atau IMAP. Email client terkenal karena tidak membutuhkan koneksi internet secara terus-menerus untuk mengakses email.

Bagaimana bisa? Hal ini karena email client bekerja dengan remote server. Ketika ada email masuk ke akun pengguna, email akan diterima dan disimpan di remote server untuk sementara waktu. Apabila email client pengguna terhubung dijalankan dan dihubungkan ke internet, barulah email masuk dikirimkan ke email client. Setelah email masuk berhasil didownload dengan sempurna, maka seutuhnya tersimpan di komputer pengguna, sehingga email tersebut tetap dapat dibuka melalui email client meskipun koneksi internet kemudian diputuskan.

Email client dapat diatur agar terhubung dengan beberapa remote server sekaligus dan secara otomatis melakukan download email dalam interval waktu tertentu. Kotak surat di remote server bisa diakses melalui dua cara, yakni menggunakan Post Office Protocol (POP) atau Internet Message Access Protocol (IMAP).

Penggunaan POP hanya mengizinkan download email satu per satu, dan server akan menghapus email yang telah berhasil didownload oleh email client. Di POP tidak tersedia fitur flagging untuk menandai email sebagai telah dibaca, dibalas, atau di-forward, sehingga agak tidak praktis untuk pengguna yang mengakses akun email melalui beberapa gadget. Sementara IMAP mengizinkan pengguna untuk tetap menyimpan email yang telah didownload di server. IMAP juga memberikan fitur real-time update. Secara umum, IMAP lebih baik ketimbang POP.

Pengiriman email juga dapat dilakukan melalui email client menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Email client akan melakukan koneksi dengan mail server pengguna. Agar dapat terkoneksi, pengguna harus mengatur terlebih dahulu IP Address dari mail server yang dituju, nomor port, serta username dan password sebagai metode autentifikasi.

Kadang kala email harus menyertakan attachment atau lampiran. Attachment merupakan file yang bukan bagian dari email tetapi dikirimkan bersama dengan email. Untuk mengirim dan menerima attachment, serta karakter di luar standar ASCII, email client menggunakan Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME).

Keunggulan utama penggunaan email client yaitu pada kemampuan akses email secara offline. Pengguna dapat membuka email yang telah didownload kapan pun dan dimana pun. Akan tetapi, email client juga memiliki berbagai kelemahan. Pertama, email tidak dapat diakses melalui gadget lain bila Anda hanya menggunakan email client. Kedua, pengaturan email client agak merepotkan. Ketiga, beberapa pihak menyebutkan bahwa keamanan email client tergolong lemah.

Email client yang baik harus dilengkapi dengan fitur enskripsi yang kuat, sebab tanpa enskripsi maka siapa pun yang terhubung dalam jaringan yang sama, seperti di internet cafe, dapat melihat isi email beserta username dan password.

Ada beberapa contoh software email client yang dapat digunakan. Yang paling terkenal, tentu saja, Microsoft Outlook Express. Selain itu ada Mozilla Thunderbird, eM Client, dan Inky.

Microsoft Outlook Express dapat disebut sebagai format standar email client. Software ini mudah didapatkan karena tersedia langsung dalam Windows XP, Windows yang lebih lama, dan Windows 8 ke atas. Konfigurasi dan penggunaan software ini juga cukup sederhana. Tersedia fitur export, import, serta sinkronisasi dengan Calendars, Contacts, dan Notes. Sayangnya, Microsoft Outlook Express tidak terintegrasi dengan software lain seperti Skype, PDF Reader, maupun Antivirus. Patut diingat untuk selalu melakukan scan virus terhadap file-file attachment email sebelum membukanya.

Barangkali email client terbaik bagi pengguna non-Outlook adalah Mozilla Thunderbird. Email client buatan Mozilla satu ini menawarkan desain user interface yang sederhana dan minimalis. Setting server dilakukan secara otomatis, pengguna cukup memasukkan username dan password. Mozilla Thunderbird terintegrasi dengan Calendar, Contacts, serta menyediakan lebih dari 1.000 add-ons yang diinstall sesuai kebutuhan. Update software pun sangat mudah dilakukan.

eM Client cocok digunakan bagi pengguna yang menginginkan tampilan serupa dengan Microsoft Outlook Express. Sebagai software indie, interface eM Client cukup sederhana dan praktis. eM Client merupakan kombinasi antara simplisitas desain dengan power.

Sementara Inky adalah email client bagi pengguna dengan banyak akun email. Inky mampu menampilkan email dari beberapa akun sekaligus secara bersamaan dengan baik. Inky juga menyediakan fitur cloud syncing sehingga semua email akan selalu tersinkronisasi.

Semoga bermanfaat!