Seputar Tekno

Pengertian CPU

CPU singkatan dari Central Processor Unit, merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam sebuah komputer, tanpa CPU komputer bukan merupakan komputer melainkan hanya monitor saja yang dilengkapi dengan keyboard dan mouse. CPU bisa dikatakan sebagai otaknya komputer. CPU ini juga merupakan alat pengolah data pada komputer, dalam CPU terdapat banyak sekali komponen yang mengatur kerja CPU. Kecepatan kerja CPU diukur dengan menggunakan skala MHz yang bergantung pada RAM yang digunakan dalam CPU.

Pengertian CPU

Ada tiga komponen penting yang ada dalam CPU, komponen ini yaitu:

1. CU
CU merupakan singkatan dari Control Unit. Unit kontrol atau Control Unit mempunyai tugas yang sangat penting dalam sebuah CPU. Setiap CPU yang ada pasti terdapat CU. Tugas utama dari CU ini adalah sebagai pengatur jalannya program dalam komputer. CU bertugas untuk mengatur dan juga mengendalikan input dan output dari sebuah CPU. Selain itu CU mempunyai tugas mengambil instruksi dan memproses instruksi. Jika instruksi berupa aritmatika maka instruksi ini akan diteruskan ke bagian ALU.

2. Register
Komponen kedua pada CPU yaitu register. Alat kecil register ini mempunyai peranan yang cukup penting, yaitu menyimpan data atau instruksi yang masih diproses. Register bisa dikatakan sebagai alat ingat dari CPU. Register merupakan tempat singgah instruksi dan juga melakukan perbandingan logika dan juga perhitungan.

3. Alu
Komponen yang terakhir yaitu ALU. Alu merupakan komponen dari CPU yang mempunyai tugas menterjemahkan instruksi berupa aritmatika dan logika. Alu juga disebut dengan mesin bahasa CPU karena memiliki dua unit yaitu logika dan aritmatika. Unit logika mempunyai tugas tersendiri. ALU mempunyai tugas utama untuk memproses instruksi berupa perhitungan aritmatika, sistem kerjanya yaitu dengan menggunakan dasar penjumlahan aritmatika.

CPU menggunakan koneksi dan bus untuk menghubungkan ketiga komponen diatas, sistem ini disebut dengan CPU Interconnections. Fungsi CPU yaitu sebagai kalkulator dalam komputer, karena fungsi utamanya yaitu memproses instruksi aritmatika yang dimasukkan melalui keyboard, scanner, ataupun teknis. CPU juga dikontrol dengan menggunakan software yang disimpan dalam tempat penyimpanan internal maupun internal dalam CPU.

Semoga mencerahkan!