Seputar Tekno

Pengertian Cloud Storage

Media penyimpanan data digital di zaman serba canggih saat ini turut mengikuti perkembangan. Jika dulu Anda mengenal hanya media penyimpanan data seperti flashdisk atau harddisk yang bersifat portabel sehingga dapat dibawa kemana saja, kini teknologi mutakhir menawarkan penyimpanan data secara online yang bisa di akses kapan saja meski hanya lewat ponsel Anda. Teknologi itu disebut dengan Cloud Storage.

Pengertian Cloud Storage

Tidak seperti flashdisk atau harddisk yang termasuk media offline dengan membutuhkan perangkat khusus bila ingin membukanya, Cloud Storage memberikan layanan untuk mengakses data digital hanya berbekal perangkat yang terkoneksi internet. Selain data yang tersimpan di dalam Cloud terjamin keamanannya, Anda juga tak perlu khawatir bila tiba-tiba terjadi masalah pada perangkat elektronik Anda. Semua data penting akan tetap tersimpan lengkap di dalam Cloud Storage.

Cloud Storage merupakan teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan server virtual sebagai media penyimpanan. Bukan seperti media penyimpanan perangkat keras seperti CD, Flashdisk atau harddisk, Cloud Storage tidak memerlukan perangkat tambahan apapun. Anda hanya membutuhkan komputer atau gadget yang telah tersambung internet untuk mengakses semua data di dalam Cloud Storage.

Istilah Cloud Storage dapat di artikan dari dua kata penyusunnya yaitu, Cloud dan Storage. Cloud yang berarti awan dalam Bahasa Indonesia, dan Storage yang berarti penyimpanan. Awan di umpamakan sebagai internet yang mampu menampung banyak hal mulai dari informasi sampai program-program dalam satu wadah penyimpanan.

Pada dasarnya, teknologi Cloud Storage ialah hasil perkembangan dari sistem Komputasi Awan atau Cloud Computing (https://spaceku.com/pengertian-cloud-computing/). Sistem itulah yang menjadi konsep dasar dari layanan Cloud Storage. Teknologi tersebut sebenarnya sudah mulai diperkenalkan secara umum sejak tahun 1960-an oleh seorang Insinyur Teknik Komputer dari MIT yang bernama John McCarthy. Tetapi waktu itu, sistem tersebut belum diterapkan pada jaringan internet dan hanya dalam sistem jaringan infrastruktur seperti air dan listrik. John juga sudah mulai mengembangkan konsep tersebut sehingga menjadi Komputasi Awan.

Beberapa macam-macam Cloud Storage yang paling populer saat ini adalah Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, SugarSync, iCloud, Amazon Cloud Drive, dan lain-lain. Masing-masing dari Cloud Storage tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang membuat mereka saling berbeda satu sama lain.