Seputar Tekno

Pengertian BitTorrent

Pasti Anda sering bertemu dengan nama di atas, terutama kala Anda sedang hunting situs download film atau game gratisan. Memang, BitTorrent saat ini menjadi metode berbagi file yang sangat populer berkat kehandalan dan kecepatannya. Jadi, apa itu BitTorrent?

Pengertian BitTorrent

BitTorrent adalah sebuah protokol file sharing via jaringan peer-to-peer yang didesain secara khusus untuk mengurangi lebar bandwidth yang dibutuhkan untuk transfer data. Pengurangan kebutuhan bandwidth ini dilakukan dengan cara membagikan proses transfer file ke beberapa sistem komputer, sehingga jumlah bandwidth rata-rata yang digunakan masing-masing sistem komputer pun menjadi lebih kecil.

Sebagai contoh, pada saat seorang pengguna memulai proses download sebuah file film berukuran jumbo lewat protokol BitTorrent, sistem BitTorrent akan pertama-tama memeriksa lokasi beberapa komputer yang memiliki file tersebut, kemudian mengunduh bagian-bagian file tersebut dari beberapa komputer secara bersamaan.

Karena kebanyakan penyedia layanan internet (Internet Service Provider / ISP) memberikan kecepatan download yang jauh lebih tinggi dari kecepatan upload, melakukan proses download dari beberapa komputer sekaligus akan meningkatkan kecepatan transfer file secara signifikan dibandingkan dengan men-download satu file utuh dari satu komputer saja.

Kenapa? Yah, coba bayangkan saja seperti ini. Ada sebuah kue yang terbagi menjadi seratus potongan. Jika Anda mengunduh dari satu komputer saja, itu seperti hanya ada satu orang yang melemparkan potongan-potongan kue tersebut satu per satu ke wajah Anda. Mengunduh dari beberapa komputer berarti ada beberapa orang yang melemparkan potongan kue secara bersamaan ke wajah Anda. Jelas jumlah potongan kue akan lebih cepat habis jika ada beberapa orang yang membantu melemparkannya.

Untuk dapat menggunakan protokol BitTorrent, Anda membutuhkan sebuah klien BitTorrent, yang merupakan sebuah program software untuk mengakses jaringan BitTorrent. Program klien memungkinkan pengguna untuk mencari file-file yang tersebar dalam jaringan BitTorrent dan mengunduh mereka. Kebanyakan program klien BitTorrent memiliki fitur untuk melakukan pause dan resume proses download.

Semoga bermanfaat!