Seputar Tekno

Pengertian Banner Ads

Istilah Banner Ads mungkin sudah tak asing lagi ditelinga Anda. Pada saat membuka suatu Website, Anda pasti pernah melihat ada bagian yang tak bergerak dalam dokumen Web bisa berupa gambar ataupun tulisan yang bertujuan menunjukkan suatu promosi atau ajakan dalam berbagai hal. Suka atau tidak Anda akan melihat Banner iklan pada kebanyakan Web. Sama halnya seperti televisi ataupun radio, website juga memiliki iklan yang disebut banner ads. Sementara Anda malas untuk melihatnya, tapi banyak orang juga senang menghabiskan banyak waktu melihat promosi atau apapun yang terdapat di dalam banner tersebut.

Pengertian Banner Ads

Banner ini bisa berukuran kecil, sedang bahkan agak besar yang terdapat bisa dibagian mana saja. Tujuan utama banner ini adalah untuk mempromosikan sesuatu (produk atau hal lainnya) dan menarik pengunjung sebanyak mungkin. Banner dilengkapi sebuah link, jadi ketika pengunjung mengklik banner tersebut, secara otomatis ia akan menuju ke situs iklan yang dituju.

Fungsi banner ads
-Sebagai media iklan, promosi, publikasi, menjalin persahabatan, dan berbagai kepentingan lainnya.
-Menambah tampilan website agar lebih menarik
-Menonjolkan content yang dianggap penting untuk diketahui banyak orang
-Menambah daya tarik sebuah website agar pengunjung betah berlama-lama pada web/blog pembuat banner
-Menciptakan brand sendiri bagi pembuat banner karena dengan banner pengunjung tahu identitas pemilik website

Banner iklan dibuat dalam beberapa bentuk dan ukuran. Ada yang sangat kecil, memanjang, melebar, sampai melintang. Standarnya banner untuk kepentingan iklan atau promosi berukuran 300 x 250 IMU/pixel (Medium Rectangle), 250 x250 IMU/pixel untuk square pop-up, 240 x 400 IMU/pixel (Vertical Rectangle), 336 x 280 IMU/pixel (Large rectangle), dan 180 x 150 IMU/pixel untuk Rectangle. Sedangkan untuk blog atau situs media di internet ukuran bannernya biasanya 468 x 60 IMU/pixel (Full Banner), 234 x 60 IMU/pixel (Half Banner), 88 x 31 IMU/pixel untuk micro Bar, 120 x 90 IMU/pixel untuk Button 1 dan 120 x 60 IMU/pixel untuk button 2.

Banner biasanya dibuat dengan menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), Java script, dan objek multimedia lainnya. Untuk banner iklan yang modern bahkan sudah dilengkapi dengan suara serta animasi-animasi menarik sehingga iklan terasa jauh lebih menarik. Sedangkan untuk membuat Banner, biasanya diperlukan software-software seperti Adobe Photoshop, Image Ready, corel Draw, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat!