Seputar Tekno

Mengulik Lebih Dalam Software Adobe Flash Player

Siapa yang tidak tahu dengan perangkat lunak Adobe Flash Player? Hampir setiap orang yang memiliki perangkat gadget pasti pernah mendengar ataupun melihat aplikasi ini, meskipun hanya sekali. Namun, tahukah Anda apa fungsi dan kegunaan dari software tersebut? Oleh karena itu, kami akan mengajak Sobat Gaptex sekalian untuk mengulik lebih dalam software Adobe Flash Player di postingan kali ini.

Pengertian Adobe Flash Player
Adobe Flash Player (berlabel Shockwave Flash di Internet Explorer dan Mozilla Firefox) adalah perangkat lunak freeware untuk menggunakan konten yang dibuat pada platform Adobe Flash, termasuk melihat multimedia, menjalankan aplikasi internet tertentu, dan streaming video atau audio. Adobe Flash Player dapat berjalan dari web browser sebagai plug-in browser atau perangkat seluler yang didukung. Software ini diciptakan oleh Macromedia dan telah dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe Systems sejak Adobe mengakuisisi Macromedia.

Adobe Flash Player menjalankan file SWF yang dapat dibuat oleh alat authoring Adobe Animate dan Adobe Flash Professional, oleh Adobe Flash Builder atau oleh alat pihak ketiga seperti FlashDevelop. Ia juga mendukung grafis vektor dan raster, grafis 3D, bahasa scripting tertanam yang disebut ActionScript, dan streaming video dan audio.

ActionScript didasarkan pada ECMAScript, dan mendukung kode berorientasi objek, dan mirip dengan JavaScript. Adobe Flash Player memiliki basis pengguna yang luas, dan merupakan format umum untuk game, animasi, dan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang disematkan di halaman web. Adobe menyatakan pada tahun 2013 bahwa lebih dari 400 juta dari lebih dari 1 miliar komputer desktop terhubung ke versi Flash Player yang baru dalam waktu enam minggu setelah rilis.

Flash Player didistribusikan secara gratis dan versi plug-in-nya tersedia untuk setiap browser web dan sistem operasi utama. Google Chrome dibundel dengan plug-in Adobe Flash sandboxed dan Windows 8 dan kemudian hadir dengan Flash Player terintegrasi mereka sendiri (untuk Internet Explorer dan Edge).

Namun sayangnya, Adobe Flash Player telah menjadi software yang banyak dikritik karena kinerjanya, konsumsi baterai pada perangkat mobile, dan jumlah kerentanan keamanan yang telah ditemukan di perangkat lunak. Pendiri Apple, Steve Jobs, sangat kritis terhadap Adobe Flash Player, setelah menerbitkan sebuah surat terbuka yang menjelaskan alasan Apple untuk melarang platform Flash agar tidak digunakan pada keluarga perangkat iOS-nya.

Penggunaannya juga berkurang karena standar web modern yang memungkinkan beberapa kasus penggunaan Flash dapat dipenuhi tanpa plugin pihak ketiga. Pada bulan Juli 2017, Adobe mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Flash Player pada tahun 2020, dan terus mendorong agar standar HTML5 terbuka digunakan menggantikan Flash Player tersebut. Pengumuman tersebut dikoordinasikan dengan Apple, Facebook, Google, Microsoft, dan Mozilla.

Fitur dan Penggunaan Adobe Flash Player
Seperti yang diketahui, Flash Player ini ialah program yang dibuat oleh Adobe dan program aplikasi authoring tool standar profesional yang berguna untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk membangun website interaktif dan dinamis. Software ini didesain dengan kemampuan membuat animasi 2 dimensi yang andal dan ringan sehingga Adobe Flash Player banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan sebagainya.

Selain itu, Adobe Flash Player juga bisa digunakan untuk membuat animasi game, navigasi di website, logo, film tombol animasi, spanduk, menu interaktif, isian formasi interaktif, e-card, screen saver dan aplikasi web lainnya. Pada Adobe Flash Player pun terdapat teknik animasi, filter, custom easing, fasilitas action script, dan bisa termasuk video lengkap dengan fasilitas pemutaran FLV.

Kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Flash Player adalah bahwa ia dapat diberi sedikit pemrograman kode yang berjalan sendiri untuk mengelola animasi yang ada di dalamnya atau terbiasa berkomunikasi dengan program lain seperti PHP, HTML, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dipadukan dengan web, berkat ukuran file outputnya. Kemudian, movie-movie flash mempunyai ukuran file yang kecil dan bisa ditampilkan dengan ukuran layar yang bisa disesuaikan dengan keingginan.

Berbagai fitur baru yang diusung oleh Flash Player mampu meningkatkan kreativitas dalam membuat konten media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi secara maksimal. Fitur baru ini membantu Sobat agar lebih fokus pada desain yang dibuat dengan cepat daripada berfokus pada bagaimana mereka bekerja dan menggunakannya.

Sementara itu, Adobe Flash Player juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi web kaya dengan cepat, sembari mengandalkan pembuatan script lanjutan. Pada aplikasi ini juga tersedia tool untuk debug script. Dengan menggunakan petunjuk Kode untuk menyederhanakan dan mempercepat pembuatan dan pengembangan konten ActionScript secara otomatis.

Untuk mempelajari keamanan Adobe Flash, Anda bisa dilihat dari beberapa sudut pandang seperti beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan mencolok antara HTML dan JavaScript dimana terdapat banyak tools yang bisa diambil dari SWF termasuk ActionScript, alhasil kode datanya bisa terjamin keamanannya. Oleh karena itu, semua persyaratan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil melalui server. Kelebihan lainnya yaitu Adobe Flash Player menggunakan metode yang sama dengan aplikasi web standar agar memastikan dan mengamankan penyimpanan data dan transfer.