Seputar Tekno

Mengenal User Interface Perangkat Android

Di antara keunikan yang dimiliki Android adalah sistem operasi tersebut punya banyak user interface (UI). UI atau yang dalam bahasa Indonesia disebut “desain antarmuka” merupakan tampilan awal yang menghubungkan Anda sebagai pengguna Android dengan software yang terpasang di perangkat Android. Dengan kata lain, UI adalah tampilan grafis yang ditawarkan kepada setiap pengguna Android.

Mengenal User Interface Perangkat Android

Oleh karena sistem operasi Android digunakan pada banyak smartphone, UI yang terpasang di perangkat Android pun tidak kalah banyak variasinya. Berbagai vendor menyediakan UI dengan ciri khas masing-masing. Berikut ini beberapa macam user interface yang digunakan perangkat Android :

1. TouchWiz UI
Mengenal User Interface Perangkat Android 1 Merupakan user interface yang populer di antara UI lainnya karena penggunanya adalah Samsung. Siapa yang tidak kenal Samsung sebagai rajanya Android? Hampir seluruh perangkat pabrikan vendor Korea Selatan tersebut menggunakan TouchWiz. Sejumlah fitur yang ditawarkan antara lain Live Panels yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan menyesuaikan widget dengan format yang tersusun rapi. Selain itu, Quick Panel memungkinkan Anda mengaktifkan fitur-fitur notifikasi dengan sekali swipe. Hanya saja, TouchWiz kurang sesuai untuk digunakan pada perangkat low end karena konsumsi dayanya termasuk tinggi.

2. MIUI
Mengenal User Interface Perangkat Android 2 Sebagai pesaing Samsung, Xiaomi memberanikan diri dengan desain antarmuka MIUI. Banyak pengguna yang berpendapat bahwa user interface milik vendor Tiongkok ini sedikit banyak mirip dengan yang dimiliki produk-produk keluaran Apple. UI satu ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi tampilan, seperti application icon, lock screen, widget, dan lain sebagainya. Kesan personal pada tampilannya semakin kuat karena Anda bisa memakai dua tema yang berbeda sekaligus. Dikatakan pula bahwa update-nya tersedia setiap minggu.

3. ZenUI
Mengenal User Interface Perangkat Android 3 Anda masih ingat dengan kata “zen” seperti pada seri Asus Zenfone Max? Yup! Desain antarmuka ZenUI ini adalah ciri khas yang dimiliki Asus, boleh dikatakan usianya tergolong muda jika dibandingkan dengan TouchWiz dan MIUI. Setidaknya terdapat dua fitur utama yang dimiliki ZenUI. Pertama, “What’s Next” yang dapat diakses ketika lock screen aktif dimana Anda masih dapat melihat notifikasi baru sekalipun perangkat dikunci. Dan kedua, “Do It Better” yang lebih fokus pada aktivitas yang multitasking dimana sejumlah aplikasi akan diatur menjadi reminder ketika harus menyelesaikan suatu aplikasi yang lebih urgen.

4. SenseUI
Mengenal User Interface Perangkat Android 4 HTC dikenal dengan smartphone kualitas premium yang dibekali desain antarmuka yang atraktif bernama SenseUI. Pada tampilan Home Screen, HTC menawarkan Anda sampai dengan tujuh halaman yang bisa diisi sejumlah icon atau aplikasi favorit. Ditambah lagi, fitur People Friend Stream melakukan sinkronisasi daftar kontak dengan jejaring sosial Facebook. Informasi yang dimasukkan meliputi nama, nomor telepon, hingga tanggal lahir. Pengaturan widget pun tidak kalah dinamis dimana Anda bisa mengaturnya dengan press and swipe saja, kemudian mengatur penempatan shortcut sesuai keinginan.

5. Stock UI
Mengenal User Interface Perangkat Android 5 Merupakan user interface yang banyak ditemukan di perangkat besutan Google, seperti Google Nexus dan Android One. Desain antarmuka satu ini memiliki kesan sederhana karena tampilannya begitu mendasar dan jarang ditemukan unsur modifikasi seperti kebanyakan UI lainnya. Konsumsi dayanya terbilang ringan. Boleh dikatakan, Stock UI adalah desain antarmuka default untuk perangkat Android.

Selain kelima UI di atas, masih ada lagi user interface lainnya seperti Optimus UI milik LG, Color OS milik Oppo, E-UI milik Evercoss, Emo UI milik Huawei, Fira OS milik Polytron, Flyme OS milik Meizu, dan Vibe UI milik Lenovo.

Semoga bermanfaat!