Seputar Tekno

Mengenal UC Browser

Di kesempatan kali ini, kami akan mengajak Sobat Gaptex untuk mengenal UC Browser lebih dalam. Bagi yang belum tahu, UC Browser adalah browser mobile yang dikembangkan oleh perusahaan mobile Internet asal China bernama UCWeb dan dimiliki oleh Alibaba Group. Awalnya UC Browser ini diluncurkan pada bulan April 2004 sebagai aplikasi J2ME saja, namun saat ini tersedia pada sejumlah platform termasuk platform Android, BlackBerry OS, iOS, Java ME, Symbian, Windows Phone dan Microsoft Windows.

Fitur
UC Browser menggunakan teknologi akselerasi awan dan kompresi data. Servernya sendiri bertugas sebagai proxy yang mengompres dan membuat data dari halaman web, sebelum mengirimkannya ke pengguna. Proses inilah yang membantu dalam memuat konten web dengan lebih cepat. Browser berwarna khas kuning itu dapat beradaptasi dengan beberapa lingkungan jaringan dan mendukung download format multi-file. Selain itu, UC Browser memiliki fitur web HTML5 dan fitur sinkronisasi awan. Fitur ini memiliki fitur “unduhan cepat” yang meningkatkan kecepatan download menggunakan teknik download koneksi beberapa thread.

UC Browser telah tersedia di beberapa platform smartphone dan ponsel feature, namun sistem operasi mobile Android merupakan basis pengguna terbesar bagi perusahaan, dengan 300 juta dari total 500 juta pengguna.

1. UC +: HTML5, WebApp dan add-on
Pada bulan Juli 2013, UCWeb mengumumkan UC+ Open Platform. Platform ini terdiri dari sebuah toko WebApp, platform add-on dan Application Bookmark Platform. Versi ini dihadirkan bersamaan dengan peluncuran UC Browser v9.2 untuk Android. Pengembang dapat menggunakan SDK (software development kit) yang disediakan untuk membuat program agar dapat dipanggil dalam skenario penggunaan yang berbeda.

Pengguna dapat mendownloadnya dari panel add-on browser untuk mendapatkan pengalaman browsing internet yang lebih personal, seperti sharing ke SNS (sosial media), terjemahan halaman web, augmented reality, voice control, dan lainnya. Platform Bookmark Aplikasi ini memungkinkan situs web mitra memasang kode QR di UC Browser agar pengguna dapat memindai kode dan menambahkan halaman web ke bookmark mereka. UC WebApp Center adalah salah satu yang pertama untuk WebApps mobile di China.

2. Download manajemen
UC Browser mendukung unduhan simultan dan menyertakan pengelola unduhan, termasuk halaman untuk dibaca secara offline. Versi baru dari download manager memiliki fitur yang lebih baik untuk memecahkan masalah saat mendownload, seperti koneksi internet lambat dan file yang salah diberi label. Proses download akan berlanjut bahkan setelah aplikasi ditutup dan juga akan dilanjutkan secara otomatis jika download terganggu karena beberapa alasan. Pengelola unduhan secara otomatis mengurutkan file yang diunduh sesuai dengan jenisnya dan menempatkannya di folder masing-masing.

3. Kompresi data
Kompresi data secara otomatis akan mengurangi konsumsi data saat pengguna browsing. Sejak tahun 2006, UC Browser telah melakukan lebih banyak mengerjakan kompresi dan rendering di servernya, yang serupa dengan pengoperasian thin client.

4. Sistem awan
UCWeb mengklaim bahwa sistem awan yang digunakan oleh UC Browser cenderung mengambil data dari server terdekat yang tersedia, membuat proses pemuatan lebih cepat dan lebih mulus untuk pengguna.

Platform
UC Browser mampu kompatibel dengan sejumlah sistem operasi, termasuk Android, BlackBerry, iOS, Symbian, Windows dan Windows Phone.

1. Android
Android merupakan basis pengguna terbesar untuk UC Browser, dengan 300 juta dari total 500 juta di OS mobile Google. Ada dua versi UC Browser yang tersedia di Google Play, yaitu UC Browser for Android dan UC Browser Mini untuk for Android. Namun saat ini, UC Browser telah dihapus dari Google play store, sedangkan UC mini masih tersedia di play store. Alasan aplikasi UC Browser lenyap dari Play Store karena aplikasi telah dituduh mengirimkan data pengguna, termasuk nomor IMEI dan data lokasi, ke server berbasis China.

2. iOS
UC Browser untuk iOS pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Sekarang, ada dua versi UC Browser yang tersedia di App Store, yaitu UC Browser+ for iPhone dan UC Browser+ HD for iPad.

3. Windows
UC Browser 6.0 saat ini tersedia untuk Windows.

4. Windows Phone
UC Browser dirilis untuk Windows Phone pada awal tahun 2012, dan sekarang web browser pihak ketiga yang paling banyak didownload di sistem operasi itu. Fitur yang paling populer termasuk Download, Incognito Browsing dan Wi-Fi Sharing.

Masalah Privasi dan Keamanan
1. Keamanan
Penelitian telah menemukan bahwa UC Browser tidak aman, dan memiliki masalah Privasi. Browser ini memiliki banyak kerentanan. Menurut uji Qualys SSL Lab, kerentanan Logjam, FREAK dan POODLE ditemukan di UC Browser. UC Browser menggunakan kriptografi RC4 cipher yang sudah ketinggalan zaman dengan protokol SSL 3 atau bahkan SSL 2 yang sudah usang sehingga memiliki banyak kekurangan keamanan.

2. Privasi
Pada tahun 2015, Snowden mengungkapkan bahwa UC Browser membocorkan data IMSI, IMEI, MSISDN yang sensitif, ID Android, alamat MAC dan pengguna Data terkait Geo-lokasi dan Wi-Fi tanpa enkripsi, yang digunakan oleh badan intelijen untuk melacak pengguna. Pada bulan Mei 2015, sebuah organisasi riset bernama Citizen Lab menerbitkan berita tentang bocornya rincian privasi beberapa pengguna UC Browser. Organisasi tersebut menguji dua versi UC Browser, satu dalam bahasa Inggris dan yang lainnya di Cina.

Pada tahun 2016, Citizen Lab melaporkan tentang masalah keamanan dan privasi utama dalam edisi bahasa Inggris dan bahasa Mandarin dari versi UC Browser di Android. Laporan tersebut mengkritik transmisi informasi identitas pribadi ke berbagai alat analisis komersial dan transmisi penelusuran pengguna tanpa enkripsi.

Oleh karena itu, Alibaba group menyediakan Lab Citizen dengan versi terbaru dari UC Browser untuk memverifikasi perbaikan keamanan mereka terhadap masalah ini pada bulan Mei-Juni 2016. Pembaruan berikutnya yang dipublikasikan oleh Lab Citizen menunjukkan bahwa, tidak semua kebocoran data dan pelanggaran privasi yang sebelumnya telah diidentifikasi, telah diperbaiki di UC Browser.