Seputar Tekno

Mengenal RAM dan Fungsinya

Setelah sebelumnya kita berhasil memahami prosesor, sekarang kita akan mulai berkenalan dengan RAM. Sama halnya dengan istilah prosesor yang selalu kita temui di kolom spesifikasi komputer atau ponsel kita, RAM pun juga begitu karena fungsinya yang menunjang kerjanya prosesor. RAM atau random access memory berfungsi sebagai memori yang menyimpan sementara.

Mengenal RAM dan Fungsinya

Kenapa sementara?
Begini contohnya, ketika Anda akan membuka aplikasi Google Chrome pada ponsel Anda, aktivitas tersebut akan direspon oleh prosesor di mana prosesor langsung bertindak membuka Google Chrome dari memori internal dan membebaninya sementara ke RAM. Dengan kata lain, RAM merupakan memori yang berfungsi sebagai tempat bernaung bagi aplikasi yang sedang dijalankan. Lihat juga perbedaan antara RAM dan ROM.

Lalu kenapa harus menggunakan RAM? Bukankah ada memori internal yang sama-sama bertindak sebagai tempat penyimpanan? Nah, RAM ini diperlukan agar si prosesor bisa dengan cepat bertindak menjalankan aplikasi. Dalam hal penyuplaian data yang diinstruksikan oleh prosesor, memori internal tidak bisa mengimbangi tindakan prosesor yang cepat tersebut karena memang prosesor harus cepat dalam memproses aplikasi yang ingin diperintahkan oleh pengguna. Maka dari itu RAM sebagai perantara dan tempat penyimpanan sementara dibutuhkan.

Semoga bermanfaat!