Seputar Tekno

Mengenal Fungsi Tombol Power Android

Tombol power adalah komponen wajib pada perangkat smartphone. Tentu saja, tanpa tombol tersebut, smartphone tidak dapat dinyalakan dan dimatikan. Kegunaan lain dari tombol power adalah mengunci smartphone agar tidak dapat diakses orang lain. Selain berfungsi sebagai pengatur daya dan pengunci perangkat, produsen smartphone juga menyertakan tombol power dengan sejumlah kegunaan khusus yang belum banyak diketahui penggunanya.

Mengenal Fungsi Tombol Power Android

Berikut ini merupakan beberapa fungsi tombol power android :

1. Mengambil Screenshot
Fungsi rahasia pertama dari tombol power adalah dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Anda dapat menekan tombol power secara bersamaan dengan tombol lainnya dalam kombinasi yang berbeda. Sebagai contoh pada perangkat Samsung, Anda bisa mengambil screenshot dengan tombol power dan tombol home. Sementara itu pada perangkat Lenovo, Anda bisa mengambil screenshot dengan tombol power dan tombol volume down. Atau dengan kata lain, smartphone yang tidak memiliki tombol home dapat menggunakan tombol volume down untuk dikombinasikan dengan tombol power dalam pengambilan screenshot.

2. Airplane Mode
Kebanyakan orang masuk ke airplane mode melalui quick setting dengan melakukan scroll down pada layar. Anda juga dapat beralih ke airplane mode dengan melalui tombol power. Caranya mudah, Anda cukup menekan tombol power selama beberapa detik. Pada tampilan selanjutnya, Anda diminta memilih satu dari tiga pilihan power off, reboot atau restart, dan airplane mode. Anda pilih saja airplane mode. Seperti telah diketahui, pemakaian smartphone dalam airplane mode dapat menghemat konsumsi baterai perangkat hingga 50%. Tidak harus selalu digunakan ketika berada di pesawat terbang, airplane mode bisa diaktifkan saat berada di tempat minim sinyal, seperti ruang bawah tanah atau lokasi pabrik.

3. Recovery Mode
Recovery mode dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal terkait performa awal, seperti menghapus data, membersihkan cache, dan menjalankan update, termasuk melakukan install custom ROM. Untuk masuk ke recovery mode, Anda dapat menekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan. Atau dengan cara lain, yaitu menekan tombol power, volume up, dan tombol home secara bersamaan. Pilihan ini juga tergantung dari jenis smartphone yang digunakan.

4. Safe Mode
Safe mode digunakan dalam mengatur kinerja smartphone agar lebih cepat dan tidak berat. Fungsi yang paling utama diperuntukkan dalam membersihkan file atau konten yang berbau malware. Seperti beberapa mode sebelumnya, masing-masing perangkat punya kombinasi tersendiri untuk masuk ke safe mode. Anda bisa terlebih dahulu mematikan perangkat, lalu melakukan kombinasi tombol power dengan tombol volume up secara bersamaan. Kemudian, Anda tekan kembali tombol power dengan tombol volume down.

5. Download Mode
Terakhir, download mode. Mode ini berfungsi untuk melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan sistem aplikasi Android. Misalnya, melakukan restore sistem operasi jika perangkat Android mengalami masalah atau kerusakan yang diakibatkan software tambahan. Setelah mematikan perangkat, Anda cukup menekan tombol power yang dikombinasikan dengan tombol home dan volume up secara bersamaan, sampai muncul ikon robot Android yang menampilkan berbagai pilihan menu.

Semoga bermanfaat.