Tutorial

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware

Bila Anda baru saja selesai membersihkan komputer dari malware, tetapi kemudian Anda menyadari bahwa komputer Anda jadi tidak bisa terhubung ke internet padahal modem / kabel LAN sudah tercolok dengan benar, maka kemungkinan besar pengaturan server proxy atau DNS Anda sudah dimodifikasi oleh malware. Merupakan hal yang sangat umum bahwa beberapa jenis adware dapat mengubah pengaturan server proxy dan DNS untuk menambahkan alamat berbahaya mereka sendiri, yang akan menyebabkan browser ter-redirect atau menampilkan iklan pada saat Anda berseluncur di dunia maya.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware

Setelah Anda melenyapkan malware yang menginfeksi komputer, pengaturan yang telah dimodifikasi tadi tetap tidak berubah sehingga Anda perlu memperbaikinya sendiri agar dapat terhubung kembali ke internet.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara memperbaiki koneksi internet yang dirusak malware. Anggapannya, Anda telah menguninstal program berbahaya yang menginfeksi komputer. Bila belum, akan lebih baik bila Anda melakukan hal tersebut terlebih dahulu, baru kemudian melakukan langkah-langkah berikut.

1. Ubah pengaturan proxy kembali ke default
Pengaturan proxy digunakan untuk memberitahu komputer Anda alamat dari suatu server perantara, yang disebut server proxy, yang menjadi jembatan antara browser dengan internet dalam beberapa jaringan. Secara default, browser dapat secara otomatis mendeteksi pengaturan proxy yang tepat. Akan tetapi, seperti yang tadi telah dikatakan, beberapa adware dapat mengubah pengaturan tersebut sehingga kita harus mengembalikannya secara manual.

Caranya, mampir ke Control Panel lalu buka Internet Options.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 1

Pilih tab Connections, lalu klik LAN Settings.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 2

Hilangkan tanda centang di “Use a proxy server for your LAN”. Aktifkan “Automatically detect settings”. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 3

2. Ubah pengaturan DNS kembali ke default
Pertama, buka Network And Sharing Centre dengan meng-klik kanan di simbol Network Connections di sudut kanan bawah layar Anda, lalu klik Open Network and Sharing Centre.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 4

Klik di tulisan jenis koneksi yang Anda gunakan. Dalam contoh ini ialah Local Area Connection.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 5

 

Pada jendela yang ditampilkan, klik tombol Properties. Jendela baru akan muncul dengan nama Local Area Connection Properties. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik tombol Properties disana.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 6

Aktifkan “Obtain an IP address automatically” serta “Obtain DNS server address automatically”, lalu klik OK. Bila Anda memiliki Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), ulangi langkah yang serupa disana.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 7

3. Reset pengaturan default browser
Bila langkah-langkah di atas masih belum dapat memperbaiki masalah Anda, maka kita perlu me-reset pengaturan browser yang Anda gunakan. Setiap browser memiliki fitur serupa, hanya saja mungkin letaknya berbeda-beda. Sebagai contoh, di Google Chrome, reset pengaturan dapat Anda lakukan dengan membuka Main Menu >> Settings >> Show advanced settings >> Reset browser settings >> Reset. Anda bisa mencari fitur tersebut di bagian pengaturan browser yang Anda gunakan.

Memperbaiki Koneksi Internet yang Dirusak Malware 8

Semoga bermanfaat!