Seputar Tekno

Layanan Penyimpanan Cloud Online Terbaik 2016

Penyimpanan online kini telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penyimpanan online masih tergolong sebagai barang baru (meski enggak baru-baru amat), dan dengan sederet pilihan brand yang hadir di internet, kadang cukup sulit bagi kita untuk menentukan yang mana yang terbaik untuk kebutuhan kita.

Layanan Penyimpanan Cloud Online Terbaik 2016

Jika Anda sedang memilah-milah produk mana yang paling pas untuk Anda, jangan pusing, berikut telah kami kumpulkan tiga layanan penyimpanan cloud online terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. Dropbox

Layanan Penyimpanan Cloud Online Terbaik 2016 1

Bagi pengguna kasual dan untuk kegiatan file sharing sehari-hari, Dropbox menjadi pilihan utama. Mengapa? Karena Dropbox merupakan satu-satunya layanan penyimpanan online yag menawarkan kompatibilitas di berbagai macam platform, termasuk Linux dan Blackberry, selain Windows, Windows Phone, Mac OS X, Android, dan iOS. Jika Anda bekerja dengan menggunakan beberapa platform sekaligus, Dropbox menghadirkan kepraktisan dan akses mudah tanpa batas.

Fitur lain yang membuat Dropbox begitu powerful adalah kemampuannya untuk akses data secara offline. Dropbox bekerja dengan cara membuat folder khusus di perangkat Anda. Ketika sebuah file disimpan di Dropbox, ia akan menyimpan file tersebut secara online di servernya sekaligus secara offline. Hal ini memungkinkan kita untuk tetap mengakses file ketika koneksi internet sedang tidak tersedia. Segala modifikasi terhadap setiap file tetap disimpan selama 30 hari, jadi Anda tetap bisa mendapatkan versi lama dari suatu file ketika dibutuhkan. Fitur keamanan yang ditawarkan terbilang amat memuaskan, mulai dari proses autotentifikasi dua langkah, enkripsi AES 256-bit untuk semua file di server Dropbox, serta enkripsi SSLuntuk setiap upload dan download.

Akun Basic yang gratis menyediakan penyimpanan sebesar 2 GB. Untuk dokumen, ukuran ini lumayan lapang, tetapi untuk file-file media seperti foto, musik, dan video, mungkin 2 GB tidaklah cukup dan akan menghilang dalam sekejap. Anda bisa membeli paket 1 TB untuk satu bulan seharga £7.99 atau sekitar Rp115.000,00-an.

2. Google Drive

Layanan Penyimpanan Cloud Online Terbaik 2016 2

Google Drive adalah jantung dari berbagai layanan online yang ditawarkan oleh Google. Anda mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB ketika membuat akun baru, atau mengaktifkan Google Drive di akun Google lama Anda. Pada dasarnya, Anda sudah memiliki akun Google Drive bila Anda menggunakan Gmail, Google Calendar, atau YouTube. Nah, ruang penyimpanan tersebut terbagi untuk semua layanan Google yang Anda gunakan. Jadi, baik lampiran-lampiran di Gmail maupun file backup foto di Google+ sama-sama memakan ruang penyimpanan 15 GB tersebut.

Google Drive juga bekerja dengan folder lokal yang bisa diakses secara offline dan direktori cloud untuk penyimpanan online. Ia hadir untuk Windows, Mac OS X, Android, dan iOS. Fitur keamanan yang ditawarkan yakni proses autotentifikasi dua langkah dan enkripsi AES 128-bit serta koneksi via SSL.

Jika Anda aktif menggunakan berbagai layanan Google, Google Drive merupakan pilihan yang baik. Portabilitas dan kekuatan enkripsinya sedikit di bawah Dropbox, tetapi ruang penyimpanannya lebih lapang.

3. pCloud

Layanan Penyimpanan Cloud Online Terbaik 2016 3

pCloud merupakan layanan penyimpanan cloud online dengan fitur-fitur gratis yang memadai, harga paket yang lebih kompetitif daripada kebanyakan kompetitor, serta pengamanan data nan powerful. Software klien tersedia untuk Windows, Mac, Linux, iOS, dan Android, sementara platform lain harus mengakses layanan pCloud melalui website-nya. Akun baru akan diberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 10 GB, terbilang cukup lapang untuk berbagai kebutuhan.

Yang menarik, pCloud tidak menetapkan restriksi jenis file, sehingga pengguna bisa menyimpan file dalam format apa saja selama masih tersedia ruang. Semua komunikasi data dilakukan dengan enkripsi TLS/SSL. Fitur unggulan pCloud yang membuatnya amat layak masuk pertimbangan Anda ialah Crypto Folder, yakni sebuah tempat di mana Anda bisa menyimpan file-file dengan tingkat keamanan ultra tinggi. Isi dari Crypto Folder akan disimpan secara lokal di perangkat Anda dan dienkripsi. Tidak seorang pun bisa membaca isi Crypto Folder tanpa key yang Anda miliki. pCloud menggunakan enkripsi AES 256-bit untuk semua file dan folder, sementara key enkripsi juga menggunakan RSA 4096-bit. Dengan pCloud, Anda bisa bebas berbagi beragam file dengan pengguna lain, tetapi juga memiliki area pribadi tersendiri yang tidak bisa diakses pengguna lain.

Setiap versi hasil modifikasi file akan disimpan selama 30 hari, 180 hari untuk akun premium berbayar. Crypto Folder bisa digunakan dengan membayar £2.65 per bulan, dan ruang penyimpanan 1 TB bisa dibeli dengan harga £5.30 per bulan. Dengan kekuatan keamanan top dan harga yang cukup terjangkau, pCloud cocok digunakan di lingkungan bisnis atau perusahaan.

Semoga bermanfaat!