Seputar Tekno

Langkah Mengatasi Windows 8 yang Black Screen

Mungkin Sobat Gaptex pernah dihadapkan dengan permasalahan black screen atau layar hitam pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1. Pastinya Anda shock dan panik jika mengalami masalah ini, apalagi jika laptop atau PC masih terbilang baru. Namun jangan khawatir karena Anda bisa mengikuti langkah mengatasi Windows 8 yang black screen dengan mudah dan simpel.

Menurut para pakar IT, kondisi black screen pada laptop disebabkan oleh menginstall suatu program atau aplikasi yang tidak sempurna dan tidak kompetibel, masalah driver, atau melakukan upgrade dari Windows 8 ke Windows 8.1, lalu upgade tidak berhasil. Setidaknya ada tiga langkah mengatasi Windows 8 yang black screen di bawah ini:

1. Cara Pertama
Jika masalah black screen muncul setelah Anda melakukan instalasi software aplikasi atau update windows yang belum sempurna, maka untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melakukan uninstal programnya dengan langkah berikut ini:
· Nyalakan PC dan tunggu hingga black screen muncul, lalu login ke Windows sebagai Administrator.
· Tekan tombol Ctrl+Alt+Del, kemudian pilih Task Manager. Selanjutnya pilih More Details.
· Pilih menu File > Run new task, dan pada kotak dialog Create new task ketik “appwiz.cpl”.
· Berikutnya, akan terbuka jendela Programs and Features, di sini Anda dapat uninstall melali menu View Installed Update, klik kanan kemudian uninstall.

2. Cara Kedua
Langkah mengatasi Windows 8 yang black screen selanjutnya adalah Non-aktifkan App Readliness. Untuk kasus masalah black screen muncul saat Anda merestart komputer, hibernate atau logout, cara mengatasinya adalah biarkan saja dulu hingga kira-kira 10 menit untuk melihat apakah muncul tampilan desktop atau start screen Windows 8 di layar.

Apabila muncul, maka tekan tombol Ctrl+Alt+Del dan pilih Task Manager. Selanjutnya, pilih tab “Service”, kemudian buang centang pada App Readiness dan restart komputer.

3. Cara Ketiga
Black screen juga dapat terjadi karena driver adapter PC Anda tidak kompatibel lagi dengan Windows terbaru seperti Windows 8.1. Untuk mengatasinya, silahkan coba dulu disable driver adapter tersebut atau mengembalikan driver ke versi sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:
· Masuk ke Safe Mode, lalu tekan tombol Shift+F8 sampai muncul tampilan Choose an Option
· Setelah itu, pilih pengaturan Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart
· Selama proses restart berjalan, langsung tekan tombol F4 untuk masuk ke safe mode
· Login sebagai Administrator, buka Control Panel > Systems > Device Manager > Display Manager > Disable