Seputar Tekno

Langkah-Langkah Mengubah Android Menjadi Asisten Pribadi Canggih

Seiring dengan perkembangan zaman, para developer (pembuat aplikasi) pun ikut serta menghadirkan berbagai aplikasi canggih dan menarik untuk para pengguna Android. Salah satu aplikasi yang akan menjadi sebuah kabar gembira untuk Anda para penyuka film fantasi ilmiah adalah adanya aplikasi yang bisa dijadikan sebagai asisten pribadi Anda sendiri layaknya robot Jarvis yang dimiliki Iron Man (Tony Stark). Berikut langkah-langkah mengubah Android menjadi asisten pribadi canggih.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Beberapa aplikasi yang bisa dijadikan asisten pribadi
– Fitur-fitur lain yang ada diaplikasi tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang cukup mengasyikan dan bisa digunakan untuk menjadikan Android sebagai asisten pribadi canggih Anda:

1. Jarvis – My Personal Assistant
Salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai asisten pribadi Anda di Android adalah Jarvis. Jarvis merupakan asisten pribadi yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasinya. Dan untuk mengubah aplikasi ini ke bahasa Indonesia, yang harus Anda lakukan ialah bersabar menunggu pembaruannya terlebih dahulu, setelah itu baru Anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai asisten pribadi yang menggunakan bahasa Indonesia.

Terdapat fitur lain yang bisa Anda gunakan pada Aplikasi Jarvis ini adalah:
– Pengguna bisa meminta Jarvis untuk memainkan lagu berkat adanya dukungan wearable
– Pemberitahuan notifikasi
– Dukungan widget untuk menyimpan catatan Alarm Wake Up
– Mengakses WiFi, flash, Bluetooth hingga mengatur pengingat
– Pembaruan wallpaper secara otomatis dan pengingat untuk pengguna
– Mengirim pesan dan melakukan panggilan hanya dengan mengatakan pada Jarvis
– Mengingatkan tentang cuaca sekaligus berita terupdate
– Menariknya lagi dikutip dari JalanTikus.com, Jarvis ini pun bisa Anda ajak untuk mengobrol karena dia bisa menjawab pertanyaan yang Anda ajukan. Bahkan ketika ada pertanyaan yang tidak bisa ia jawab, ia akan segera mempelajarinya.

2. Indigo Virtual Assistant
Aplikasi ini mendukung teknologi kecerdasan buatan atau lebih dikenal dengan AI (Artificial Intelligence). Pengertian Artificial Intelligence merupakan sebuah simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin, terutama sistem komputer. Aplikasi Indigo Virtual Assistant mengutamakan suara yaitu Anda dapat membaca berita, play atau pause dengan menggunakan suara Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencari berita melalui Google, Bing, Youtube, dan yang lainnya dengan menggunakan aplikasi ini.

Fitur lain yang bisa Anda dapatkan diaplikasi ini adalah:
– Anda bisa terhubung dengan sosmed seperti Facebook dan Twitter
– Bisa memperkirakan cuaca hari ini dan hari selanjutnya
– Mampu membaca dan mengirkm teks
– Bisa untuk menyetting alarm
– Cepat menemukan lokasi dengan bantuan Google Maps
– Sebagai penunjuk dan pemilih restoran
– Mampu memerjemahkan apa yang Anda katakana

3. Zandra – Make Your Jarvis
Aplikasi ini sangat menarik karena aplikasi Zandra dapat membuat Artificial Intelligence (AI) versi Anda sendiri. Selain itu Anda juga dapat melatihnya untuk belajar melakukan sesuatu dan menjadikan ia sebagai teman sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang benar-benar ingin memiliki asisten pribadi sendiri.

Fitur lain yang bisa Anda dapatkan diaplikasi ini adalah:
– Pencarian web hanya dengan mengucapkan keywordnya
– Melakukan panggilan keluar dan mengirimkan pesan singkat
– Mengetahui cuaca saat ini, mengontrol WiFi, GPS, dan masih banyak lagi lainnya

Itulah tadi, langkah-langlah mengubah Android menjadi asisten pribadi. Jika berminat dan ingin mencoba memiliki aplikasi tersebut, Anda dapat mendownload salah satu dari aplikasi tersebut di PlayStore. Dan rasakan sensasinya memiliki asisten pribadi sendiri layaknya Iron Man. Semoga bermanfaat.