PC

Komputer Sering Restart Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya!

Pernah mengalamai kejadian yang tidak menyenangkan seperti komputer tiba-tiba hang lalu restart sendiri? Tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah umum komputer seperti ini. Tentunya hal tersebut membuat Anda tidak nyaman, terlebih lagi jika Anda sedang mengerjakan tugas atau tengah bermain game. Lalu, sebenarnya apa yang menjadi penyebab komputer sering restart sendiri?

Komputer Sering Restart Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Berikut kami sajikan informasi mengenai penyebab-penyebabnya sekaligus solusi untuk mengatasinya.

1. Prosesor kepanasan
Seperti yang Anda ketahui, prosesor merupakan ‘otak’nya komputer. Jika terus-menerus diberikan pekerjaan yang berat seperti menjalankan banyak program tanpa henti, maka prosesor juga bisa mengalami ‘overheat’ (kepanasan). Bagaimana cara mengetahuinya? Gampang, Anda dapat memeriksa temperatur komputer dengan menu Hardware Monitor yang terdapat pada BIOS. Kemudian gunakan program monitoring komputer seperti CPUID Hardware Monitor. Bisa juga cek langsung dengan membuka casing CPU dan meraba bagian pendingin prosesor.

Cara mengatasi :
– Bersihkan secara rutin casing CPU dan pendingin prosesor. Anda dapat menggunakan kuas yang bersih
– Ganti thermal paste yang sudah kering dengan yang baru, karena thermal paste ini bisa menjadi perekat prosesor dengan pendinginnya
– Letakkan komputer di tempat yang tidak terlalu panas

2. Power Supply Kekurangan Daya
Power Supply yang kekurangan daya juga mengakibatkan kinerja komputer menurun dan akibatnya komputer jadi sering restart sendiri. Kipas yang terdapat pada power supply bisa saja mati atau macet sehingga power supply overheat. Untuk mengeceknya pun mudah, Anda dapat langsung menyentuh power supply. Jika terasa panas yang berlebihan, Anda harus waspada. Sebaiknya Anda mengganti dengan power supply yang baru dengan daya minimal 530 watt.

3. Hardisk Rusak
Hardisk yang rusak juga dapat menyebabkan komputer jadi sering restart sendiri. Hardisk yang rusak ditandai dengan munculnya layar bluescreen of death yang berwarna biru pada layar komputer Anda dan komputer merestart terus-terusan. Cara mengatasi hardisk yang rusak ini adalah dengan melakukan program scandisk atau checkdisk dan juga mende-frag hardisk secara rutin. Anda juga wajib mematikan komputer melalui tombol Shutdown.

4. VGA Rusak
Komputer yang sering restart bisa juga dikarenakan VGA card yang rusak. Kerusakan yang terjadi pada VGA card disebabkan oleh overheat karena kipasnya kotor karena debu dan melambat. VGA card yang rusak dapat mengakibatkan tampilan pada layar komputer Anda menjadi rusak dan memicu komputer Anda melakukan restart sendiri. Solusinya gampang, Anda hanya perlu mengecek secara rutin VGA card komputer Anda dan rutin juga membersihkan kipasnya.

5. RAM Rusak
RAM rusak adalah salah satu penyebab komputer melakukan restart sendiri. Dan hal ini paling sering dialami oleh pengguna komputer. RAM bisa rusak karena keadaannya yang kotor karena jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan. Cara mencegah agar RAM tidak rusak sangat mudah, yaitu Anda wajib membersihkannya secara rutin. Caranya pun gampang, Anda dapat menggunakan tisu dan minyak kayu putih. Dengan RAM yang bersih kemungkinan komputer Anda hang sangat kecil.

Semoga bermanfaat!