Seputar Tekno

Kesalahan Dalam Charging Ponsel

Kegiatan charging ponsel merupakan kegiatan rutin yang pasti selalu kita lakukan selaku pemilik ponsel. Kegiatan satu ini memang tidak bisa kita hindari jika keadaan baterai ponsel sudah dalam posisi Low. Tapi masih banyak pengguna ponsel yang belum sadar bahwa dalam mengisi daya ponsel ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kebanyakan dari kita hanya melakukan pengisian baterai ponsel dengan asal mencolokkan charger dengan ponsel saja, dan tanpa disadari kita sering melakukan kesalahan dalam pengisian daya baterai ponsel.

Kesalahan Dalam Charging Ponsel

Jika kesalahan dalam mengisi daya baterai ponsel dilakukan terus menerus, kondisi baterai akan cepat rusak dan berakibat juga pada sirkuit ponsel kita. Sobat Gaptex tentu tidak mau ponsel kesayangan Anda cepat rusak, hanya karena tidak mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan saat melakukan pengisian baterai, bukan?

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa kesalahan dalam charging. Semoga Anda dapat segera menghindarinya.

1. Pengisian Baterai hingga 100%
Pengisian baterai hingga 100% bukan jaminan kalau baterai ponsel Anda akan lebih tahan lama. Para ahli menyarankan agar ponsel Anda dapat bertahan cukup lama, jangan melakukan pengisian sampai 100% full.

2. Menggunakan ponsel ketika melakukan charging
Jangan gunakan ponsel saat Anda melakukan pengisian baterai karena hal tersebut akan membuat ponsel panas karena harus bekerja ganda. Jika perlu gunakan saja mode ‘airplane’ agar semua sinyal mati dan dapat mempercepat pengisian baterai.

3. Tidak mengetahui siklus charging
Ketahui siklus charging ponsel Anda sendiri agar tidak terjadi charging yang berulang kali. Charging berulang kali terus menerus dapat merusak baterai ponsel Anda.

4. Tidak menggunakan kabel charger yang asli dan tepat
Terkadang kita lupa membawa charger ponsel pribadi kita sehingga mengharuskan kita untuk meminjam atau menggunakan charger milik teman. Kita sering kali tidak terlalu peduli dengan merk atau tepat tidaknya charger itu untuk ponsel kita. Pemakaian charger yang tidak tepat dan tidak originil secara terus menerus dapat mempercepat kerusakan baterai pada ponsel kita.

5. Overcharge atau terlalu lama melakukan charging
Akui saja kalau kita pasti pernah melakukan overcharge ponsel terlebih lagi pada malam hari dan baru dilepas ketika pagi keesokan harinya. Hal ini sangat berakibat fatal untuk kelangsungan hidup baterai ponsel Anda.

Itulah beberapa kesalahan dalam melakukan charging yang dapat merusak baterai ponsel kita.

Semoga bermanfaat!