Seputar Tekno

Kelebihan Android Nougat 7.0

Sepertinya Google terus mengeluarkan Android keluaran terbarunya yang pada Bulan Mei 2016, Google secara khusus meminta para penggemar untuk memilihkan nama makanan dengan awalan N. Tentu saja banyak sekali orang yang merespon untuk memberikan saran. Hingga pada akhirnya Google membuat keputusan untuk memberi nama Android Nougat sebagai pelanjut dari Marshmellow.

Kelebihan Android Nougat 7.0

Nougat melanjutkan tradisi Google untuk memberikan nama makanan pada Android miliknya yang sesuai abjad kecuali pada Android Alpha dan Android Beta. Sementara mulai Android C, nama makanan itu pun di berikan dari Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbeard, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop dan Marshmellow.

Lalu sebagai penerus Marshmellow, apa kelebihan dari Android Nougat 7.0 ini? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Fitur Multitasking yang lebih baik
Sesuai zaman, para pengguna ingin membuka ponsel dengan isntan dan cepat. Seperti menulis SMS, chattingan di BBM, Whatsapp, Line bahkan buka sosial media di Line, Path atau instagram. Terkadang kita harus membuka semua aplikasi itu dalam satu waktu, maka sangat diperlukan namanya kemampuan multitasking yang memadai. Layar Android Nougat juga memiliki tampilan lebih lebar dimulai dari resolusi 5 inch ke atas.

2. Mobile data internet lebih hemat
Kita ketahui bahwa paket data atau mobile data perusahaan di Indonesia sangat mahal, terutama provider-provider yang besar. Nah tetapi Android 7.0 Nougat sepertinya memahami akan hal ini, mereka membuat fitur dimana ketika kita menggunakan internet dengan kuota atau tidak unlimited, Data Saver melakukan pemblokiran terhadap sebuah aplikasi yang berjalaan menggunakan internet, seperti twitter dan facebook yang selalu melakuakn cek pembaharuan, dan tentu ketika melakukan cek pembeharuan dari teman ini akan membuat mobile data termakan, disni peran data saver bekerja, mereka melakukan pemlokiran agar tidak melakuakan cek terus menerus. Kita juga bisa melakukan settings aplikasi mana saja yang tidak kita masukan ke data saver sehingga tetap pembaharuan akan muncul, dan tentu karena tidak semua aplikasi yang tidak di masukan, paket data akan menjadi lebih irit.

3. Keamanan terjamin
Dalam Android Nougat dikenalkan eskripsi berbasis file, penguatan media framework, dan update tanpa celah. Untuk yang terakhir maksudnya ketika sistem operasi ini melakukan update, maka prosesnya bakal senyap dan dilakukan di latar belakang sistem operasi ini sendiri, sehingga bakal bisa digunakan ketika perangkat telah dilakukan restart.

4. Project Svelte
Salah satu fitur baru yang hadir pada OS Android Nougat ini adalah Project Svelte. Fitur tersebut memungkinkan penggunaan kinerja RAM yang lebih minim sehingga lebih hemat baterai. Tak heran jika nanti banyak smartphone Android Nougat yang punya performa baterai lebih baik dibanding dengan smartphone lain.

5. Multi Windows
Sebenarnya fitur multi windows tadinya hanya ada di beberapa smartphone saja, tapi sekarang kita sudah bisa mendapatkannya di Android Nougat. Kita dapat menggunakan fitur ini di semua ponsel yang menjalankan android nougat. Penambahan fitur ini tentu sangat menyenangkan, karena smartphone yang mempunyai spesifikasi tinggi tetapi tidak ada fitur multi windows terasa percuma, sekarang smartphone apapun bisa, jadi spesifiaksi tinggi dan multi windows tentu ini akan menjadi menyenangkan, kita bisa membuka dua aplikasi sekaligus. Multi windows dapat bekerja dengan posisi layar landscap atau portrait, tetapi pada mode landscap kita hanya bisa menggunakan layar 50/50 pada setiap app atau aplikasi.

6. Notifikasi yang lebih fungsional
Pada Android 7.0 Nougat kita di berikan fitur yang lebih fungsional atau lebih bermanfaat dari sebuah nofitikasi, jadi ketika kita mendapatkan sebuah nofitikasi, kita langsung bisa membalasnya hanya dengan menekan notifikasi yang muncul.

7. Irit Baterai
Walaupun sudah pernah diperkenalkan sejak Marshmellow, tetapi pada Android Nougat fitur ini bekerja dengan baik bahkan ketika layar menyala. Bahkan ketika layar mati untuk beberapa waktu, fitur ini akan mengehentikan keaktifan sistem yang berjalan di background atau latar belakang, selain itu dengan fitur ini kita juga bisa menentukan aplikasi mana saja yang berjalan di background atau kita hentikan ketika tidak digunakan.