Seputar Tekno

Jenis-Jenis Keyboard Komputer

Keyboard digunakan sebagai perangkat input untuk menjalankan berbagai perintah ke dalam komputer, termasuk aktivitas mengetik dokumen dengan komputer. Jika puluhan tahun yang lalu, keyboard menggunakan kabel, saat ini ada keyboard yang dapat dioperasikan secara nirkabel. Meski demikian, perkembangan keyboard boleh dikatakan tidak begitu pesat, sebab beberapa komputer hari ini masih ada yang memakai keyboard jenis lama.

Jenis-Jenis Keyboard Komputer

Berdasarkan tipe konektor, keyboard komputer dibedakan sebagai berikut :

1. Keyboard Serial
Keyboard serial biasanya digunakan untuk komputer tipe AT, sebab jenis konektor pada keyboard ini adalah konektor atau port serial. Untuk menghubungkannya dengan komputer, konektor tersebut harus dimasukkan ke port serial.
Keyboard serial sendiri termasuk jenis keyboard lama yang penggunaannya untuk sekaran ini terbilang sangat jarang, bahkan hampir tidak ditemukan lagi. Jarang sekali untuk komputer sekarang ini yang masih memiliki port serial pada komponen motherboard-nya.

2. Keyboard PS/2
Sesuai dengan namanya, keyboard PS/2 merupakan keyboard yang terhubung dengan komputer menggunakan port PS/2. Keyboard ini biasanya digunakan untuk komputer tipe ATX. Keyboard PS/2 juga termasuk keyboard lama yang penggunaannya saat ini termasuk jarang pula, namun tak sulit untuk menemukan komputer dengan keyboard PS/2 jika dibandingkan keyboard serial.

Hal yang perlu diperhatikan dari keyboard PS/2 adalah jenis port-nya. Pemasangan ke komputer harus dilakukan dengan teliti, sebab jenis port PS/2 untuk keyboard bisa tertukar dengan port PS/2 untuk mouse. Selain bentuk port yang sama, letaknya pada motherboard pun bersebelahan. Cara membedakannya adalah port PS/2 untuk keyboard berwarna ungu, sedangkan port PS/2 untuk mouse berwarna hijau.

3. Keyboard USB
Keyboard USB adalah keyboard jenis terbaru yang paling banyak digunakan oleh komputer saat ini. Salah satu pertimbangannya adalah kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan cara pemasangan yang lebih mudah, jika dibandingkan dengan kedua jenis keyboard sebelumnya.

Hampir semua tipe komputer sudah memiliki port USB pada komponen motherboard-nya. Dan meskipun port USB untuk keyboard sama dengan mouse, pemasangannya tidak mungkin tertukar, sebab port USB memang dirancang multi fungsi untuk berbagai hardware komputer.

4. Keyboard Wireless
Kembali sesuai dengan namanya, keyboard wireless adalah jenis keyboard yang tidak menggunakan kabel sebagai media penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah nirkabel yang bisa berupa infra red, Wi-Fi, ataupun Bluetooth. Keyboard ini merupakan inovasi yang paling baru. Dari segi harga, tentunya keyboard wireless adalah yang paling mahal.

Keyboard wireless menawarkan penggunaan yang ringkas tanpa lilitan kabel di meja kerja. Untuk bisa dihubungkan dengan komputer, keyboard ini membutuhkan unit pemancar dan penerima. Adapun unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan unit penerima biasanya dipasang pada port USB yang terdapat di motherboard (CPU komputer).

Semoga bermanfaat!