Seputar Tekno

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Sobat Gaptex, kabel jaringan komputer adalah salah satu hardware yang digunakan untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain di dalam jaringan komputer. Kabel jaringan komputer merupakan salah satu media transmisi yang digunakan dalam jaringan komputer agar setiap perangkat yang terhubung dapat saling berkomunikasi. Anda bisa menggunakan media transmisi nirkabel, namun media kabel memiliki stabilitas lebih tinggi dan jangkauan lebih jauh.

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Pemilihan terhadap kabel jaringan komputer bergantung pada beberapa hal, yaitu topologi jaringan, protokol, dan ukuran jaringan komputer. Pada aplikasinya, ada kabel jaringan yang digunakan dalam jumlah sedikit seperti pada ethernet dan ada pula yang digunakan hampir tak terbatas misalnya internet. Pada beberapa kasus, ada jaringan yang hanya mengizinkan penggunaan satu jenis kabel dan ada pula jaringan yang membolehkan kombinasi beberapa jenis kabel.

Di dalam jaringan komputer, terdapat tiga jenis kabel yang biasa digunakan sebagai media transmisi, yaitu :

1. Kabel Coaxial
Kabel coaxial terdiri dari dua penghantar. Salah satu penghantar berada di tengah kabel, sementara penghantar lain mengelilinginya dengan pola melingkar. Bagian inti tersebut berupa kawat tembaga yang dilapisi isolator dalam dan dikelilingi konduktor luar. Sebagai pembungkus, digunakan bahan dari PVC sebagai isolator luar. Kabel ini agak sulit dimasukkan, namun cukup sensitif terhadap isyarat.

Kabel coaxial biasa digunakan sebagai kabel jaringan komputer untuk topologi bus dan ring, tetapi beberapa produk LAN tidak menggunakannya lagi. Kabel coaxial sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC jarang ditemukan lagi pada perangkat komputer atau perangkat lain seperti switch dan router. Instalasinya juga tergolong rumit dan membutuhkan keahlian ekstra.

2. Kabel Twisted Pair
Kabel twisted pair dianggap lebih efisien dan fleksibel sehingga digunakan sebagai pengganti kabel coaxial. Secara fisik, kabel ini terdiri dari beberapa kabel yang saling berpasangan. Cara kerjanya mirip seperti kabel coaxial dengan menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel twisted pair digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu Unshielded Twisted Pair (UTP), Foiled Twisted Pair (FTP), dan Shielded Twisted Pair (STP).

Secara umum, susunan ketiga kabel twisted pair tersebut sama. Akan tetapi, terdapat perbedaan pada material pembungkus yang digunakan sehingga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kabel UTP tidak dilapisi pelindung alumunium foil sehingga rentan terhadap radiasi medan magnet atau tegangan tinggi. Sementara kabel FTP dan STP memiliki pelindung sehingga lebih mampu bertahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik.

Kabel UTP lebih populer daripada kabel FTP dan STP karena harganya lebih murah dan materialnya lebih tipis sehingga memudahkan proses instalasi. Kabel UTP biasa digunakan untuk membuat jaringan komputer dengan ujung konektor RJ-45 seperti LAN. Selain itu, kabel UTP memiliki kategori dan jenis tersendiri. Kecepatannya bervariasi mulai dari 10 Megabite per detik sampai dengan 10 Gigabite per detik.

3. Kabel Fiber Optik
Kabel fiber optik adalah generasi terbaru. Desainnya menggunakan sejenis serat kaca atau polimer sintetis yang sangat tipis. Secara fisik, serat kaca atau glass fiber tersebut dibalut lapisan tipis dan lapisan plastik, yang selanjutnya dilapisi pelindung fiber dan pelindung kabel. Sinyal yang dikirimkan oleh kabel ini berupa cahaya. Kabel fiber optik memiliki ketahanan baik terhadap gangguan elektromagnetik dan gelombang radio, hanya saja biaya instalasinya sangat mahal.

Jika dibandingkan dengan dua jenis kabel sebelumnya, transmisi menggunakan kabel fiber optik lebih cepat, namun sering terjadi gangguan bila kabel tertekuk sedikit. Penggunaannya lebih pada jaringan besar di perusahaan multinasional untuk jaringan komputer antar lantai atau gedung, namun juga bisa digunakan untuk jaringan biasa seperti LAN ataupun WAN. Kapasitas bandwidth yang dimiliki kabel fiber optik sangat besar, begitu juga jarak transmisinya.

Semoga bermanfaat!